Manfaat Sistem POS Untuk UMKM di Indonesia

Kitadigi.com – Point of Sale atau POS adalah sistem yang dibuat untuk mendukung proses transaksi penjualan. Biasanya POS digunakan oleh para pengusaha kafe, restoran, dan pelaku usaha ritel di Indonesia. Bahkan kini POS juga bisa digunakan untuk pelaku bisnis UMKM. Lalu bagaimanakah manfaat sistem POS khususnya untuk UMKM?

Pos UMKM

 

1. Memudahkan mengelola barang di toko

Biasanya pemilik toko terkendala dalam mengelola stok barang, baik di gudang maupun toko. POS memudahkan dalam memantau jumlah stok sebab secara akurat mencatat setiap transaksi dalam sistemnya secara otomatis. Sehingga, pemilik toko bisa menganalisa produk apa saja yang paling laris dan bisa menentukan strategi penjualan selanjutnya.

 

2. Melayani layanan pelanggan lebih baik

Pelayanan sangat penting sebab membantu penjualan Anda. Sistem POS sangat mendukung Anda dalam melayani pelanggan. Selain itu, POS berguna dalam sistem e-commerce yang memiliki toko online.

 

3. Meningkatkan keamanan

Sistem cloud dalam POS menjamin keamanan bagi pelanggan. Data konsumen akan tersimpan dengan aman sehingga pembeli tidak perlu khawatir dalam bertransaksi secara online.

 

4. Menghasilkan laporan penjualan yang lengkap dan akurat

Transaksi secara manual rentan terjadi kesalahan oleh manusia. POS membantu staf penjualan dalam mengelola beragam transaksi, mulai dari penjualan, pengecekan stok barang hingga pencapaian keuntungan. POS membantu staf penjualan mencatat itu semua secara akurat. Cara ini lebih efektif daripada mencatatnya secara manual.

 

5. Memudahkan dan mempercepat proses pengembalian barang

Bukan hal baru terjadi pembatalan barang dalam transaksi. Sistem POS membantu dalam mengembalikan stok secara otomatis sehingga Anda dapat mempercepat pelayanan pengembalian barang. Dengan demikian, sistem POS diharapkan bisa membantu meningkatkan layanan ke pelanggan untuk beragam kebutuhan mereka.

 

Dengan lima manfaat sistem POS diatas, kita dapat mempelajari mengapa sistem POS secara detil penting dilakukan, terutama jika Anda pelaku bisnis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *