Tingkatkan Omzet Dengan Membuat Packaging Menarik: Bagaimana Caranya?

Bagaimanakah cara membuat packaging yang menarik perhatian konsumen? Dalam memutuskan untuk berbisnis khususnya membuat suatu produk, tentu memerlukan kemasan yang harus menarik perhatian konsumen. Berubahnya pasar yang dinamis mengharuskan Anda untuk membuat inovasi terhadap produk yang ditawarkan termasuk desain kemasan. Umumnya desain kemasan produk yang menarik harus bisa menggambarkan produk itu sendiri.

 

Kenapa Harus Membuat Desain Kemasan Menarik?

 

Desain kemasan yang menarik dapat meningkatkan kualitas serta branding dari produk tersebut. Selain itu kemasan juga harus bisa menjaga kualitas dan keamanan barang yang ada di dalamnya. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi selengkap-lengkapnya seperti tanggal kadaluarsa, kandungan gizi, cara penggunaan hingga alamat dan keterangan produsen. Kunci utamanya adalah tarik konsumen dengan kemasan yang eye catching. 

 

Simak poin-poin penting yang harus Anda perhatikan dalam membuat packaging yang menarik.

 

1.  Tentukan Desain Gambar

 

Langkah pertama adalah dengan menentukan desain gambar. Desain tersebut harus bisa memberikan informasi jelas mengenai produk yang Anda jual. Jika Anda tidak bisa membuat desain sendiri, Anda bisa menggunakan jasa sewa cetak kemasan. Biasanya mereka juga menyediakan jasa desain dengan biaya yang relatif terjangkau.

 

2. Pilih Bentuk Kemasan yang Sesuai

 

Setelah desain ditentukan langkah selanjutnya adalah menentukan bentuk kemasan. Pikirkanlah bentuk seperti apa yang cocok digunakan untuk produk yang Anda jual. Anda juga bisa membuat kemasan yang fungsional karena bentuk kemasan yang fungsional juga mempengaruhi daya tarik konsumen. 

 

3. Pilih Warna yang Tepat

 

Hati-hati dalam penggunaan warna, jangan menggunakan warna yang terlalu mencolok. Gunakan paduan warna serasi yang enak dipandang. Warna-warna pastel masih menjadi warna favorit idaman konsumen.  

 

4. Gunakan Kalimat Sederhana

 

Jangan menggunakan tulisan berlebihan pada kemasan, karena terkadang tulisan yang berlebihan akan merusak daya tarik kemasan. Gunakan gaya bahasa sederhana namun tetap bisa menggambarkan produk yang dijual.

 

Membuat packaging desain produk yang menarik memerlukan kreativitas yang bisa merefleksikan produk itu sendiri. Desain kemasan produk yang buruk sering kali menjadi penyebab gagalnya pemaran dan salah satu kesalahan kenapa usaha mikro sulit berkembang. Konsumen akan dengan mudah mengingat suatu produk yang memiliki desain kemasan yang unik. Selain itu desain packaging yang menarik memiliki karakter khusus yang menjadi pembeda dengan produk lain. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *