Tips Memulai Bisnis Cafe yang Menguntungkan

Jika ingin memulai bisnis kuliner yang populer dan dinikmati sebagian besar masyarakat terutama kalangan muda adalah bisnis Cafe atau usaha Coffee Shop. Seakan tidak ada habisnya, keberaadaan kafe banyak ditemukan di segala penjuru daerah. Menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, kafe merupakan tempat yang cocok untuk berkumpul, bercengkrama, dan bersantai melepas penat dari rutinitas harian.

 

Dalam dunia perkantoran, kafe juga banyak dimanfaatkan sebagai tempat bertemu klien, dan pelaksanaan meeting santai. Suasana kafe yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari pun bisa meningkatkan produktivitas dan menambah asupan ide kreatif.

 

Banyaknya manfaat kafe bagi setiap individu, bisa menjadikan bisnis cafe sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan dan omset besar. Namun, meskipun kesempatan membuat ladang penghasilan terbuka lebar, perlu strategi tepat dan kiat jitu agar bisnis sukses. Nah, seperti apa sih tips and tricks memulai bisnis cafe? Berikut ulasannya.  

 

1. Pilih Tempat Ramai & Nyaman

 

Tips Memulai Bisnis Cafe yang Menguntungkan
Sumber Foto: danielfooddiary.com

Kiat jitu pertama dalam memulai bisnis kafe ini adalah dengan mencari lokasi strategis agar ramai pengunjung. Meskipun modal yang digunakan minim, Anda bisa tetap sukses menjalankan bisnis kafe dengan memperhatikan lokasi dan lahan yang tepat. Semakin banyak orang lalu-lalang, semakin strategis pula lokasi yang Anda pilih.

 

Buatlah kafe dengan senyaman mungkin, hal itu dilakukan agar pengunjung Anda betah. Dengan begitu juga pengunjung Anda akan datang kembali dan bahkan merekomendasikan kafe Anda pada orang lain. Tentukan konsep kafe dengan desain menarik dan sirkulasi udara yang baik.

 

2. Sajikan Menu Lezat

 

Tips Memulai Bisnis Cafe yang Menguntungkan
Sumber Foto: popmama.com

Jangan sembarang menyajikan menu makanan dan minuman kafe Anda, buatlah menu berkualitas dengan cita rasa tinggi. Perhatikan kebersihan dari segi tempat, dan makanan. Sediakan satu atau dua menu andalan yang menjadi ciri khas kafe Anda, hal itu dilakukan untuk membuat pengunjung tergiur untuk menyicipi menu Anda.

 

Baca Juga: Aplikasi Kasir Gratis ini Bisa Bantu Transaksi Usaha Kamu

 

3. Beli Bahan Baku Grosir

 

Tips Memulai Bisnis Cafe yang Menguntungkan
Sumber Foto: liputan6.com

Menyediakan stok makanan dan minuman perlu dilakukan untuk menghindari masalah pengunjung tidak terlayani. Belilah bahan baku makanan maupun minuman dari perdagangan grosir. Membeli bahan baku grosir bisa dilakukan dalam jumlah banyak dengan harga yang jauh lebih murah. Selain menjaga kepuasan pelanggan dan reputasi bisnis, tips ini juga bisa menghemat pengeluaran Anda.

 

 

4. Terapkan Strategi Tepat Sasaran

 

Sumber Foto: reviewsonq.com

Mencapai kesuksesan bisnis yang dijalankan, tentu diperlukan strategi bisnis. Bisnis tidak akan bertahan tanpa strategi terencana dengan baik dan tepat sasaran. Social Media yang dapat dengan mudah menjangkau masyarakat luas, kini bisa Anda manfaatkan. Agar bisnis kafe banyak dikenal oleh publik, Anda bisa melakakukan strategi pemasaran melalui media sosial. Baik anak muda, hingga orang dewasa banyak menggunakan media sosial atau platform digital lain pada kesehariannya. Pesatnya perkembangan digital yang diiringi ketekunan mengelola pemasaran media sosial terbukti efektif mengembangkan bisnis

 

5. Lakukan Pembukuan

 

Sumber Foto: harmony.co.id

Dalam menjalankan bisnis besar maupun kecil, penting dilakukannya pembukuan. Untuk menghindari bisnis mengalami risiko kerugian atau bahkan sampai gulung tikar. Pencatatan setiap pengeluaran dan pemasukan wajib tersusun rapi agar bisa mendapatkan data yang kongkrit dari bisnis cafe yang dijalankan. Dengan adanya data Anda bisa lebih mudah mengetahui kondisi bisnis yang Anda jalankan mengalami keuntungan atau kerugian dan Anda juga bisa memakai aplikasi kasir untuk mengatur transaksi agar lebih efisien.

 

Baca Juga: Manfaat Laporan Keuangan Untuk UKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *