Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Memulai bisnis kuliner adalah ladang penghasilan paling tepat. Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Tingginya kebutuhan masyarakat akan makanan, membuat banyak orang tergerak untuk mencoba peruntungan bisnis di bidang kuliner. Belum lagi masyarakat Indonesia memiliki hobi khusus mencicipi makanan unik yang menjadi tren publik.  

 

Meskipun bisnis kuliner bisa dibilang tidak terlalu sulit, tentu saja dibutuhkan cara dan strategi yang tepat agar bisnis bisa mencapai kesuksesan. Bagi Anda yang berencana terjun ke dunia bisnis kuliner, berikut Kitadigi berikan tips sukses memulainya.

 

1. Pilih Jenis Kuliner

 

Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula
Sumber Foto: medium.com

Bisnis pada pada sektor kuliner sangat luas. Tentukan terlebih dahulu apakah ANda ingin menjual makanan berat atau hanya makanan ringan. Apakah makanan lokal, mancanegara, atau melihat tren makanan yang sedang banyak diperbincangkan publik.

 

2. Hitung Budget

 

Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula
Sumber Foto: ehef.id

Modal menjadi salah satu hal yang krusial dalam menjalankan semua bisnis, tak terkecuali bisnis makanan dan minuman. Cara yang tepat dalam memulai bisnis kuliner agar bisa berjalan adalah dengan mengelola keuangan dengan baik. Untuk mengetahui jumlah modal yang harus Anda persiapkan ditentukan dari seberapa besar bisnis kuliner yang ingin Anda rintis.

 

Sebagai modal awal, Anda bisa menggunakan dana pribadi atau mengajukan pinjaman. Pertimbangkan juga untung rugi dari meminjam modal, apabila kondisi tidak memungkinkan ada baiknya Anda memulai bisnis kuliner dari skala kecil terlebih dahulu.

 

3. Tentukan Lokasi Bisnis Kuliner

 

Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula
Sumber Foto: gobiz.co.id

Lokasi menjadi penentu sukses atau tidaknya bisnis kuliner Anda. sahakan mencari lokasi yang ramai dan menjadi akses jalan orang-orang. Semakin mudah lokasi bisnis Anda dicari dan ditemukan, semakin banyak pula orang-orang mengenal bisnis kuliner Anda, Jika Anda mendapatkan tempat terpencil, pastikan gencar melakukan promosi.

 

Baca Juga: 5 Alasan Aplikasi Kasir Menjadi Kunci Sukses Bisnis Rumah Makan

 

4.Riset Kompetitor

 

Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula
Sumber Foto: fastwork.id

Bisnis kuliner saat ini merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan dan diminati oleh banyak orang. Tentu dalam prosesnya, Anda akan selalu dihadapkan dengan persaingan sehat dengan puluhan bahkan ratusan kompetitor di luar sana. Kenali kompetitor Anda dengan mencari tahu kelebihan dan kekurangannya untuk dipelajari. CIptakan ciri khas yang membedakan bisnis kuliner Anda dengan para kompetitor, dari segi menu, konsep, pelayanan, dan lain sebagainya.

 

5. Cari Supplier yang Cocok

 

Sumber Foto: lalamove.com

Menjalankan bisnis kuliner, tentu saja Anda membutuhkan pasokan bahan baku. Carilah supplier yang mampu memberikan bahan baku berkualitas sesuai dengan yang Anda inginkan. Bagi para pemula, Anda bisa berbelanja sendiri ke pasar. Dengan berbelanja sendiri, Anda bisa memilih mana saja penjual yang memberikan bahan baku berkualitas. Hal itu dilakukan agar nanti, jika bisnis kuliner Anda ke depan berkembang semakin besar, Anda sudah memiliki langganan dan bisa menawarkan kerja sama dengan supplier tersebut.

 

6.Ciptakan Cita Rasa

 

Sumber Foto: idntimes.com

Apabila ingin menjalankan bisnis kuliner laris manis, perhatikan cita rasa makanan yang ditawarkan. Anda bisa melakukan uji coba menu terlebih dahulu, berikan sample pada orang-orang terdekat agar mereka bisa memberikan penilaian atas kekurangan dan kelebihan menu masakan yang Anda buat.

 

7.Tentukan Strategi Promosi Tepat

 

Sumber Foto: bisnisumkm.com

Salah satu promosi sederhana, tepat sasaran, dan terbukti ampuh dari waktu ke waktu adalah promosi dari mulut ke mulut. Anda juga bisa melakukan promosi secara online dengan memanfaatkan media sosial. Menggunakan media sosial atau teknologi internet akan memudahkan Anda untuk menjangkau target pasar lebih luas lagi. Anda hanya perlu memposting konten menarik terkait produk makanan dan minuman bisnis Anda. Mintalah bantuan kenalan Anda untuk membantu mempromosikan bisnis kuliner Anda di media sosial mereka masing-masing.

 

Baca Juga: Strategi Ampuh Meningkatkan Penjualan Bisnis Properti

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *