Cara Ampuh Sebelum Memulai Usaha Kecil Dijamin Sukses

Sebelum menjadi besar, sebuah usaha tentu dimulai dari usaha kecil-kecilan terlebih dulu. Ya kecuali Anda memperoleh warisan berupa usaha yang sudah besar, tentu itu lain cerita. Adakah cara yang ampuh digunakan untuk memulai usaha kecil ini agar sukses? Baca terus di ulasan ini.

Sumber Foto : petrominer.com

 

Tetap Realistis

 

Pertama, Anda tetap perlu realistis dalam menjalankan usaha tersebut. Sebelum mencoba usaha tertentu, Anda usaha melihat contoh usaha yang sudah sukses dan mempelajarinya. Apa kekurangan dan kelebihannya jika Anda menerapkan usaha tersebut.

Mencari Partner Usaha

 

Kalau Anda seorang pemula dalam usaha, sebaiknya Anda mencari partner usaha yang terpercaya. Ketika menemukan partner usaha yang tepat, Anda usaha mengurangi resiko karena usaha tidak sesuai rencana dan memiliki seseorang untuk bertukar ide dan strategi usaha.

 

Bersikap Keras pada Diri Sendiri

 

Saat usaha benar-benar dimulai dari bawah, Anda harus sangat bekerja keras demi kelancaran usaha yang dirintis.Jadikan diri sendiri sebagai karyawan yang tangguh. Setelah  berjalan lancar, Anda mulai bisa mencari karyawan untuk membantu Anda.

Menjuala Kelebihan Produk

 

Ketika Anda bersaing karena harga, bisa saja Anda kalah dengan pengusaha lain yang lebih lama dan modalnya besar. Anda bisa menggantinya dengan menjual kelebihan dari produk yang Anda jual. Jadi meski lebih mahal, namun kualitas produk yang Anda jual itu lebih baik.

Memperhitungkan Angka Dasar

 

Anda tentu harus memperhitungkan berbagai biaya yang dibutuhkan, misalnya sewa tempat, biaya listrik, pajak, hingga asuransi karyawan. Bagi semua biaya tersebut dalam satu tahun dengan berapa hari Anda menjalankan usaha. Hasil yang diperoleh merupakan angka dasar. Angka dasar inilah yang menjadi acuan pendapatan Anda setiap harinya.

Memanfaatkan Teknologi

 

Saat ini sudah banyak aplikasi dan penyimpanan data yang dibuat untuk pengusaha UMKM dalam menjalankan usahanya. Anda perlu mencoba memanfaatkan teknologi tersebut untuk meningkatkan peluang keberhasilan usaha Anda.  Salah satu aplikasi yang bisa membantu usaha Anda adalah aplikasi kasir.

Memperlakukan Vendor dan Supplier dengan Baik

 

Selain memperlakukan pelanggan dengan baik, Anda juga harus bersikap baik kepada para vendor dan supplier. Siapa tahu Anda bisa memperoleh diskon, promo pengiriman, atau bahkan diperbolehkan terlambat membayar.

 

Strategi penting lain untuk memulai usaha kecil adalah totalitas dalam menjalankan usaha Anda. Dengan demikian, perlahan tapi pasti, usaha Anda akan bertambah besar.

 

Baca juga : 7 Cara Agar Usaha Kecil Sukses dan Besar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *