Mengelola Akuntansi UMKM? Gampang Kok, Ini Tipsnya!

Banyak hal yang harus diperhatikan oleh seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu aspek paling vital adalah mengelola keuangan atau akuntansi di setiap bisnis termasuk oleh UMKM. Karna setiap data keuangan penting dan harus mudah diakses sehingga memudahkan pengambilan keputusan. Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa Sahabat UMKM coba lakukan dalam pengelolaan akuntansi. 

 

1. Memisahkan Rekening Pribadi & Bisnis

 

Dengan membuat 2 rekening yaitu rekening pribadi dan rekening bisnis, tentu akan membantu dalam pengelolaan arus kas perusahaan. Namun ada baiknya sebelum membuat rekening, pastikan untuk meriset perbandingan kebijakan bank. Biasanya rekening bisnis memiliki biaya admin yang lebih besar dibandingkan rekening pribadi.

 

2. Buat Pembukuan yang Jelas

 

Segala proses pencatatan transaksi keuangan yang meliputi penjualan, pembelian, pendapatan serta pengeluaran harus dicatat dalam pembukuan. Penggunaan pembukuan akan mempermudah dalam menganalisis setiap transaksi pengeluaran dan pendapatan sehingga mempermudah dalam pengendaliannya. 

 

3. Simpan Pendapatan untuk Modal

 

Jangan pernah habiskan pendapatan jika ingin usaha lebih berkembang. Gunakanlah uang tersebut sebagai modal untuk mengembangkan usaha. Modal yang besar akan membuat usaha semakin mudah dikembangkan. 

 

4. Perekrutan Karyawan

 

Aspek lain yang harus diperhitungkan bagi UMKM adalah masalah perekrutan karyawan. Cukup pekerjakan karyawan sesuai kebutuhan operasional usaha Anda. Jangan sampai  pengeluaran Anda membengkak karena biaya operasional karyawan yang tidak terlalu perlu.

 

5. Go Digital

 

Sebenarnya ada cara lebih mudah dalam pengelolaan akuntansi usaha Anda. Salah satunya adalah dengan digitalisasi. Yang dimaksud dengan digitalisasi disini adalah penggunaan sistem komputerisasi mengenai jurnal keuangan usaha Anda. 

 

Salah satu cara untuk mengelola akuntansi UMKM adalah dengan sistem Point of Sale (POS). Masih banyak pelaku UMKM yang belum menerapkan POS, padahal POS sangat mempermudah pengelolaan transaksi dalam bisnis. Semua data transaksi akan terekam secara otomatis. Anda dapat dengan mudah mengakses dan menganalisis kapanpun dan dimanapun.

 

Dengan POS Anda bisa meminimalisir kesalahan dalam proses pengelolaan akuntansi karena semua transaksi sudah terekam secara sistematis. Selain itu dapat menghemat biaya operasional karyawan. Apalagi disaat gempuran wabah Covid-19 seperti saat ini dimana Anda harus benar-benar bisa memanfaatkan cashflow dengan bijak.

Untuk mengenal lebih jauh tentang KITA DIGI dan apa saja produk serta kiprahnya di era digital ini, silahkan  ikuti terus info menarik lainnya di website dan media sosial KITA DIGI.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *