Intip 5 Strategi Jitu Tingkatkan Omset Kedai Kopi Anda

Dalam sepuluh tahun terakhir ini, bisnis kedai kopi terus mengembangkan sayapnya dan mampu menjadi salah satu usaha yang potensial dan menjanjikan. Faktanya usaha kopi sudah berkembang jauh daripada itu, sejumlah kedai tersebar di berbagai kota di Indonesia, dengan menyajikan aneka kopi tradisional asli Indonesia. Mungkin Anda adalah salah satu bagian pelaku usaha kreatif dalam dunia bisnis kopi. Penasaran bagaimana cara meningkatkan omset kedai kopi di tengah sengitnya persaingan saat ini? 

 

Terbukti bahwa kopi sudah menjadi salah satu bagian dari budaya kuliner Indonesia sejak zaman dahulu. Seiring berjalannya waktu, muncul trend sajian kopi premium dengan konsep kafe. Bahkan beberapa brand kopi ternama di dunia memasuki pasar Indonesia dengan mengangkat sajian kopi dengan harga yang tinggi. 

 

kafe menjadi tempat berkumpul favorit berbagai kalangan. Kafe memiliki beragam jenis, tergantung tempat dan menu yang disajikan. Persaingan usaha ini bisa dikatakan cukup ketat karena banyaknya konsumen membuat usaha ini menjadi pilihan. Tetapi itu semua tergantung lagi kepada pelanggan, terkadang jika sudah merasa nyaman dengan satu kafe, pelanggan akan terus kembali.

 

Anda perlu mengetahui beberapa strategi marketing untuk meningkatkan omset kedai kopi atau kafe yang akan dibahas dengan lengkap di dalam artikel ini, apa saja? Simak hingga akhir.

 

1. Ubah Produk Utama  

 

meningkatkan omset kedai kopi
sumber foto: idopenrice.com

 

Kopi memang sudah menjadi produk andalan di kafe, tetapi jika Anda tidak memiliki sajian kopi yang istimewa yang mempunyai ciri khas sendiri dibanding usaha kopi lainnya, sebaiknya Anda mengganti menu utama dari kedai kopi Anda.

 

Contohnya sebuah kafe di Kota Yogyakarta yang menjadikan waffle sebagai menu utama. Segala jenis waffle aneka rasa menjadi sajian utama di kafe tersebut dan tentunya dengan kopi sebagai pendamping wafel. Siapapun yang menikmatinya pasti akan ketagihan.

 

2. Buat Mobile Cafe 

 

meningkatkan omset kedai kopi
sumber foto: pinterest

 

Usaha ini sedang marak-maraknya di kota-kota besar. Terinspirasi dari konsep street food yang berada di Amerika, ide ini menjadikan kafe beroperasi pada sebuah mobil atau minibus. Mobil dan minibus tersebut di modifikasi menjadi sebuah kedai berjalan yang menyajikan kopi dan makanan ringan.

 

Kelebihan dari usaha ini adalah bisa memindahkan usaha Anda ke lokasi yang strategis setiap saat. Selain itu Anda juga bisa berpindah beberapa kali dalam sehari, mendekat pada pasar paling potensial di jam tertentu.

 

Baca juga: Tips Lengkap Membuka Kedai Kopi Dengan Modal 16 Jutaan

 

3. Berani Eksperimen Rasa

 

sumber foto: conversation.com

 

Janganlah cuma mengandalkan kopi-kopi yang sudah laku di pasaran seperti kopi cappuccino, macchiato, americano atau latte. Jenis kopi tersebut selain mudah ditemukan juga mudah membuatnya sendiri dirumah dengan minuman kopi bubuk sachet, rasanya pun tidak jauh berbeda.

 

Buatlah inovasi dengan aneka rasa, jangan ragu untuk membuat kopi yang unik dan tidak populer. Contohnya seperti kopi siborongborong, kopi wamena atau kopi olahan nusantara lainnya yang sudah pasti tidak bisa ditemukan di pasaran dalam kemasan.

 

Baca juga: Intip Rahasia Sukses 3 Pengusaha Minuman Kopi Kekinian Indonesia

 

4. Kerjasama dengan Instansi

 

meningkatkan omset kedai kopi
sumber foto: arsitag.com

 

Sangat wajar jika konsumen potensial dari usaha kopi adalah mahasiswa dan karyawan. Faktanya kegiatan mereka membutuhkan energi untuk berpikir dan kadar konsentrasi tinggi yang bisa dibantu oleh kopi.

 

Potensi ini bisa Anda kembangakan dengan mengajukan izin pembukaan kedai kopi di dalam area kampus dan perkantoran. Mungkin Anda akan mengeluarkan biaya lebih untuk pembukaan kedai ini, tetapi tanda tidak usah khawatir karena biaya yang Anda keluarkan akan setimpal dengan yang Anda dapatkan nantinya.

 

5. Sebagai Working Chamber

 

sumber foto: jpnn.com

 

Cara meningkatkan omset kedai kopi selanjutnya adalah dengan membuat konsep tidak biasa yakni working chamber. Kedai kopi jenis ini fokus pada kafe dengan fasilitas ruang kerja yang nyaman dan kondusif. Banyak para pekerja freelance yang membutuhkan suasana berbeda dalam bekerja selain di rumah. 

 

Tidak ada salahnya untuk membuat konsep kedai yang cocok untuk mereka yang bekerja secara freelance. Kedai dengan konsep working chamber ini akan menjadi tempat buruan banyak konsumen yang menginginkan suasana nyaman dalam bekerja.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *