Panduan Singkat Memulai Bisnis Durian Merah

Siapa tidak kenal dengan raja buah yang satu ini? Durian masih menjadi buah yang selalu ditunggu panennya oleh masyarakat di Indonesia. Saat musim durian tiba, sering kita melihat banyak sekali penjual durian bertebaran di pinggir jalan. Ada berbagai macam jenis durian. Salah satunya adalah durian merah yang sayang kini terbilang mulai langka walau diyakini mengandung khasiat bagi kesehatan badan. Atas dasar inilah, bisnis durian merah sangat menghasilkan karena masih memiliki banyak peminat.

  

Durian merah mudah tumbuh di Banyuwangi, Jawa Timur. Bukan berarti Anda yang tinggal di daerah selain Banyuwangi tidak membudidayakannya, loh. Nah, artikel akan mengulas tahapan memulai bisnis budidaya durian merah lalu menjualnya.

 

Tahapan memulai bisnis budidaya durian merah

 

Bisnis Durian Merah
Sumber Foto : asliindonesia.net

1. Mengetes Rasa Khas Durian Merah di Tempat Asalnya 

 

Anda harus mengetahui rasa khas durian merah agar mantap menekuni bisnis ini. Kunjungilah kebun durian merah di Banyuwangi agar mencicipi rasanya yang menurut sebagian orang berbeda dari durian merah di tempat lain. 

Durian merah di Banyuwangi menghasilkan 65 sub-jenis, 11 di antaranya berkualitas ekspor. Jangan lupa tanyalah ke petani durian merah cara penanaman dan budidaya durian merah yang baik.

 

2. Mempelajari Tipe Tanah Tepat untuk Menanam Durian Merah

 

Saat berada di kebun durian merah di Banyuwangi, manfaatkan untuk mempelajari jenis tanah yang bagus untuk menanam komoditas ini. Durian merah membutuhkan 25 lebih jenis unsur mikro mineral untuk tumbuh secara baik. Contohnya adalah alumunium, silica, baron, lantrium, dan sebagainya.

 

Rasa identitas durian merah Banyuwangi turut disumbang oleh asupan sulfur tinggi dari Gunung Raung dan Kawah Ijen setiap harinya. Inilah yang membuat rasa durian merah memang berbeda dari yang lain. Walau Anda tidak bisa memperoleh keuntungan ini akan tetapi durian merah Anda akan tetap ranum dan lezat asal memeliharanya secara tepat.

3. Memeriksa Mutu Tanah Anda

 

Periksalah mutu tanah tempat Anda akan menaruh benih durian merah. Cara ini bertujuan untuk mengecek mutu tanah tersebut dari segi fisika dan kimia. Anda dapat membawa contoh tanah tersebut pada laboratorium analisa tanah. 

 

Cukup setengah hektar untuk memulai menanam durian merah. Durian merah lazim tumbuh pada ketinggian antara 100 dan 1.200 mdpl. Paling pas ditanam pada ketinggian tanah antara 100 dan 800 mdpl. Faktor ketinggian tanah mempengaruhi cita rasa dan tipe buah ini.

 

Baca juga artikel lainnya : Peluang Jualan Susu Kedelai Paska Pandemi 

4. Menghitung Modal Awal 

 

Sekitar Rp20 juta sudah memadai untuk mulai menanam durian merah. Modal senilai Rp50 juta akan Anda butuhkan jika luas tanah terbilang lebih besar. Modal awal tersebut sudah mencakup bibit unggul merah berumur antara satu dan dua tahun. Anda tinggal memindahkan saja bibit tersebut ke kebun. Carilah benih durian merah dengan tinggi antara 0,7 dan 1,5 meter.

5. Memulai Penjualan

 

Kebun durian merah lebih baik menjadi investasi jangka panjang sebab memiliki siklus panen sekali dalam lima atau enam tahun. Dalam sekali panen, setiap pohon bisa memproduksi hingga 40 buah durian merah. Kisaran harga adalah antara Rp150 ribu dan Rp200 tergantung mutu hasil panen. 

 

Apabila mematok harga Rp100 ribu per tiga kilogram, Anda bisa mengantongi lebih dari Rp5 juta per pohonnya. Harga durian merah akan lebih tinggi apabila menembus pasar ekspor. Anda dapat memanfaatkan peluang jumlah pesaing yang sedikit untuk mengerek hasil penjualan durian merah. Promosi gencar mengenai fungsi durian merah bagi kesehatan dapat membantu menaikkan harga jual pula. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *