Tips untuk UMKM Agar Dapat Pelanggan Setia Online Shop

Ketika toko online yang Anda kembangkan ramai dikunjungi orang, tentu akan sangat membanggakan. Terlebih jika pembelinya juga ramai, maka Anda harus siap juga untuk pengembangan dan inovasi agar tokonya semakin besar. Ada salah satu tantangan terbesar mengembangkan toko online ini, yaitu menggaet pelanggan setia. Adakah tips untuk mendapat pelanggan online shop yang setia.

 

1. Meningkatkan Kecepatan Pemenuhan Pesanan

 

pelanggan online shop
Sumber Foto : temandagang.id

 

Pengiriman barang menuju konsumen biasanya memakan waktu lebih dari satu hari. Semakin cepat barang itu dikirim, maka semakin cepat juga barang sampai di tangan konsumen. Oleh karena itu, Anda perlu membuat strategi dan tim khusus untuk proses pengiriman. Semua pelanggan tentunya akan senang jika barang pesanannnya sampai dengan cepat.

 

2. Memperhatikan Kualitas Packing

 

pelanggan online shop
Sumber Foto : bisnisukm.com

 

Selain kecepatan pengiriman, hal lain yang diperhatikan konsumen adalah kualitas packing dari toko Anda. Packing yang rapi juga mencerminkan bahwa Anda memperlakukan barang tersebut dengan baik. Meski barang yang dibeli tidak terlalu banyak, tapi konsumen akan sangat menghargainya jika dikemas dengan baik.

 

3. Mengutamakan Kualitas Barang

 

pelanggan online shop
Sumber Foto : dikemas.com

 

Konsumen tentu senang jika memperoleh bonus. Namun bonus bukanlah hal yang utama, melainkan kualitas barang. Bahkan sekarang pembeli bisa menunjukkan kualitas barang melalui foto dan video produk. Jadi, pastikan Anda menjual barang-barng dengan kualitas baik ya, dan tidak mengirim barang cacat pada konsumen.

 

4. Memilih Kurir Sesuai Permintaan Konsumen

 

Sumber Foto : static.republika.co.id

 

Pemilihan kurir juga tidak bisa sembarangan. Ketika pembeli memilih kurir A, maka kirimkanlah dengan kurir A. Anda tidak bisa mengganti kurir seenaknya. Hal itu bisa membuat konsumen kehilangan kepercayaan dengan toko Anda.

 

5. Mengenali Keunggulan dan Kelemahan Produk

 

Sumber Foto : kumparan.com

 

Sebagai penjual, Anda tentu perlu mendalami fitur, keunggulan, dan kelemahan produk. Anda bisa menyampaikan kepada konsumen apa adanya dan tidak ditutupi. Hindari menyampaikan keunggulan secara berlebihan, karena itu akan mengecewakan jika tidak sesuai harapan konsumen.

 

6. Komunikatif dengan Konsumen

 

Sumber Foto : sinarjateng.pikiran-rakyat.com

 

Penjual yang komunikatif biasanya akan lebih disukai oleh konsumen. Bagaimanapun, banyak konsumen yang belum tahu banyak mengenai fitur produk yang akan dibeli. Oleh karena itu, ketika Anda bisa membeli arahan yang baik pada konsumen, mereka bisa menjadi pelanggan setia Anda.

Jangan lupa untuk membangun brand awareness untuk membangun pelanggan online shop yang setia kepada toko Anda.

 

Baca juga : Cara Mudah Mengelola Stok Barang Agar Bisnis Lebih Cepat Maju

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *