Peluang Bisnis Sepeda Rakitan yang Menjanjikan Pasca Pandemi

Sepeda memang tengah menjadi favorit masyarakat di tengah adaptasi kebiasaan baru saat ini. Kendaraan yang dikenal membuat tubuh menjadi sehat ini sedang berkembang pesat dan memiliki banyak penggemar, mulai dari anak-anak, remaja bahkan orangtua. Hal ini yang membuat peluang bisnis sepeda semakin menjanjikan khususnya sepeda rakitan.

 

Jenis-jenis sepeda pun bermacam-macam mulai sepeda standar yang digunakan kebanyakan orang seperti sepeda federal, sepeda gunung, fixie, hingga sepeda BMX. Namun selain itu, saat ini juga mulai berkembang jenis-jenis sepeda dengan desain unik, yang biasanya digandrungi anak muda, seperti sepeda jenis Lowrider, Limo, Fixie hingga sepeda lipat. Bahkan khusus untuk anak-anak, tersedia sepeda roda tiga dengan desain yang lebih unik dan aman dipakai.

 

Walaupun banyak jenisnya terkadang masyarakat tidak puas dengan desain sebuah sepeda yang dijual di pasaran. Maka dari itu, kini mulai banyak bermunculan pelaku usaha yang menawarkan usaha perakitan dan pembuatan rangka sepeda sesuai dengan keinginan konsumen (custom).

 

Apa saja yang dibutuhkan jika ingin mengambil peluang usaha sepeda rakitan?

 

1. Skill

 

Tidak mudah jika ingin membuka usaha ini, karena Anda harus memiliki skill dan pengetahuan mengenai seluk beluk sepeda. Walaupun dipaksakan bisa membuat sepeda dengan minim keahlian, akan berdampak buruk pada produk yang diproduksi. Bila konsumen yang memakainya tidak merasa nyaman serta aman, hal tersebut akan membuat kepercayaan konsumen kepada produknya akan hilang.

 

Untuk mendapatkan skill tersebut Anda bisa mempelajarinya secara otodidak, namun apabila Anda tidak sempat, Anda bisa saja membuat design dan menyediakan bahan bakunya saja, untuk merakit Anda bisa menggunakan jasa makloon produksi atau bengkel sepeda di sekitar Anda.

 

2. Tren Sepeda

 

Sepeda jenis Lowrider merupakan sepeda custom yang paling banyak diminati karena penampilannya yang unik dengan jarak antara sadel dan stang yang cukup jauh, dan posisi sadel yang rendah. Selain itu jenis sepeda ini bukan hanya dipakai untuk kegiatan bersepeda saja, tetapi juga kerap dijadikan sepeda hias yang unik.

 

Sepeda Lowrider memang banyak dijumpai di pasaran, namun rata-rata penggemar sepeda Lowrider ini lebih senang merakit desain sepedanya sendiri. karena kebanyakan sepeda jenis ini lebih menampilkan desain-desain yang unik, bahkan kerap dijumpai sepeda dengan tinggi di atas 2 meter.

 

Selain sepeda Low Rider, konsumen juga banyak yang menginginkan sepeda custom jenis Fixie. Sepeda yang dibuat tanpa menggunakan rem ini, memiliki desain yang minimalis, serta warna yang mencolok. Penggemar dari kedua jenis sepeda ini tidak hanya dari kalangan anak muda saja, tetapi juga dari orangtua.

 

3. Peluang Bisnis Sepeda Rakitan yang Menjanjikan

 

Karena banyaknya peminat sepeda di Indonesia, salah satu pemilik bengkel sepeda rakitan yang bernama Ito Waskito, mengatakan bahwa ia mampu menerima pesanan minimal 10 buah frame sepeda setiap bulannya. Selain itu, ia juga sering menerima pembuatan sepeda full, atau merombak sepeda hingga menjadi sebuah desain yang diinginkan konsumen.

 

Dengan melihat kondisi saat ini, usaha ini mampu memberikan peluang yang sangat berprospek. Terlebih setiap tahun, peminat sepeda semakin banyak, khusus nya sepeda custom.

 

4. Strategi Pemasaran

 

Untuk mempromosikannya lebih luas, pelaku usaha bisa memanfaatkan jaringan komunitas pecinta sepeda. Hal ini dikarenakan, banyak para anggota komunitas sepeda ingin merombak desain sepeda sesuai dengan spesifikasi yang mereka inginkan.

 

Jika Anda sudah bergabung di dalam komunitas pecinta sepeda, Anda bisa melaksanakan workshop di bengkel Anda, promosi via online juga bisa dijalankan.

 

Semakin banyak peminat sepeda dengan desain custom, berdampak pada semakin banyaknya permintaan untuk merakit sepeda tersebut. Hal ini menyebabkan usaha jasa pembuatan sepeda custom banyak dicari oleh kalangan penghobi sepeda maupun masyarakat awam.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *