Peluang Usaha Pertanian Rumahan yang Dapat Menghasilkan Cuan

Ingin memulai bisnis bermodal minim dengan keuntungan yang menggiurkan?  Anda bisa mencoba usaha bidang pertanian, lho. Bercocok tanam ampuh penghilang kejenuhan dan bermanfaat bagi kesehatan mental, apalagi di masa covid-19 ini. Pandemi membuat usaha pertanian semakin digandrungi masyarakat di kota-kota besar. Selain itu, bisnis pertanian berpotensi meraup keuntungan yang besar karena produk yang dihasilkan merupakan kebutuhan primer  yang dibutuhkan manusia sehari-hari.

 

Banyak orang yang menjadikan usaha ini sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan, maupun pekerjaan utama. Tidak perlu repot pergi ke pedesaan atau mempunyai lahan besar untuk bertani, Anda bisa memulai usaha ini di rumah bermodal lahan beberapa meter saja. Gunakan metode pertanian yang praktis  seperti. terrarium, hortikultura, dan hidroponik. Nah, apa saja ide peluang usaha pertanian rumahan dengan teknik dan inovasi yang bisa menguntungkan? Yuk, simak ulasannya berikut.

 

1. Jual Bibit Berkualitas

 

Peluang Usaha Pertanian Rumahan yang Dapat Menghasilkan Cuan
Sumber Foto: dekoruma.com

Usaha pertanian dengan modal minim pertama adalah menjual bibit tanaman. Penjualan bibit tanaman seperti sayuran dan buah-buahan cukup menjanjikan, lho. Banyak orang yang mencoba menanam bibit seperti kangkung, wortel, bayam, tomat, dan lain sebagainya untuk memulai bercocok tanam.  Manfaatkan teknologi informasi sebagai media pemasaran dengan menjual bibit Anda melalui marketplace  atau membuat online shop agar usaha Anda bisa dijangkau pasar yang lebih luas.

 

2. Jual alat pertanian

 

Peluang Usaha Pertanian Rumahan yang Dapat Menghasilkan Cuan
Sumber Foto: dekoruma.com

Tidak sedikit peminat untuk memulai bisnis dengan bertani di rumah. Anda bisa menjual alat pertanian seperti sekop tangan, polybag, berbagai macam ukuran pot, dan lain sebagainya.

 

3. Produksi Pupuk Berkualitas

 

Peluang Usaha Pertanian Rumahan yang Dapat Menghasilkan Cuan
Sumber Foto: liputan6.com

Bisnis pupuk pertanian juga bisa menjadi peluang yang menjanjikan dan tak sepi konsumen. Hampir semua jenis pertanian membutuhkan pupuk berkualitas untuk menghasilkan produk yang baik. Anda bisa memulai usaha ini dengan  meracik formula pupuk kompos dan kandang berkualitas untuk asupan tanaman.

 

4. Jual Tanaman Organik

 

Sumber Foto: tabloidpeluangusaha.com

Harga jual tanaman organik di pasaran sangat tinggi, karena sayuran atau buah-buahan segar bebas dari zat kimia (pestisida) menjadi incaran banyak orang. Hal itu bisa menjadi peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

 

5. Budidaya Tanaman Rempah

 

Sumber Foto: antaranews.com

Indonesia kaya akan tanaman rempah dan penyedap rasa. Selain digunakan untuk penyedap rasa,  banyak tanaman rempah yang bersifat penyembuhan dan mampu melawan penyakit. Tak heran penjualan tanaman rempah cukup tinggi permintaan di dalam negeri maupun di luar negeri.  Tanaman seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, cabai, dan tanaman rempah lainnya memiliki permintaan stabil dan meningkat di pasar tradisional, Anda bisa lebih mudah menjual dan memasarkan tanaman rempah Anda.

 

6. Bisnis Tanaman Hias

 

Sumber Foto: firmanaproperty.com

Tak disangka tanaman hias mampu menurunkan tingkatan stress pada individu, apalagi di masa pandemi covid-19 ini. Masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah bergulat dengan kejenuhan karena pembatasan sosial yang diterapkan oleh pemerintah,  sehingga semakin banyak peminat tanaman hias karena bisa menurunkan penat sekaligus mempercantik rumah. Memanfaatkan peluang tersebut, jual tanaman hias yang unik dan ramai di pasaran. Anda bisa meraup keuntungan tinggi karena banyak pecinta tanaman yang rela mengeluarkan uang berjuta-juta untuk koleksi tanamannya.

 

Baca Juga: Tips Bisnis Konveksi yang Menguntungkan untuk UKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *