Pembukuan UMKM Sederhana ini Bisa Bantu Atur Keuang Bisnis Kamu

pembukuan umkm
Sumber Foto : mpssoft.co.id

 

Pembukuan keuangan dalam setiap usaha merupakan hal penting yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha dalam skala apapun termasuk para pelaku UMKM di Indonesia. Karena pembukuan UMKM menjadi modal penting bagi para pelaku UMKM agar bisa membantu mereka dalam mengarahkan jalan usahanya.

 

Namun, tak sedikit para pelaku UMKM yang bingung dalam membuat pembukuan karena tidak memiliki pengalaman dibidang tersebut. Oleh karena itu, tips membuat pembukuan UMKM sederhana dibawah ini dijamin ga bakal membuatmu bingung untuk menerapkannya dalam usaha kamu.

 

1. Menyimpan seluruh catatan transaksi keuangan

 

Catatan keuangan menjadi salah satu hal utama yang harus kamu perhatikan. Kenapa harus punya?  karena dengan adanya catatan keuangan, Akan sangat berguna untuk kamu sebagai referensi pengembangan bisnis di kemudian hari. Catatan keuangan yang harus kamu simpan seperti, semua laporan bank, laporan laba rugi, neraca saldo, dan laporan transaksi lainnya yang berkaitan dengan keuangan usaha kamu.

 

2. Buatlah catatan pemasukan dan pengeluaran

 

Kamu harus membuat catatan pengeluaran dan pemasukan secara terpisah. Kenapa harus terpisah? hal ini akan memudahkan kamu dalam membandingkan kondisi finansial usaha dari tahun sebelumnya dengan saat ini. Apakah terjadi usaha kamu mengalami peningkatan atau tidak.

 

Dengan begitu, kamu jadi memiliki rencana untuk usahamu agar tetap maju dan berkembang. Jika mengalami penurunan kamu bisa memangkas biaya yang dirasa bisa dikurangi agar menghemat pengeluaran.

 

Alternatif

 

Jika kamu sibuk dalam mengembangkan usaha seperti memikirkan ide dan memiliki waktu sedikit untuk mengurus pembukuan UMKM. Kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi kasir untuk membantu melacak serta meninjau laporan keuangan usahamu dengan mudah. Kamu tidak perlu pusing melakukan pembukuan secara manual apalagi jika kamu lupa menaruh catatan tersebut.

 

Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan aplikasi kasir tersebut adalah, jangan lupa untuk mempelajari dulu fitur-fitur yang dimiliki dari aplikasi kasir tersebut. Kamu juga bisa membandingkan aplikasi mana yang jauh lebih mudah untuk digunakan.

 

Dengan begitu, kamu tidak akan salah dalam memilih aplikasi kasir untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan usahamu.

 

Baca juga : Jenis Pembukuan Khusus UMKM yang Harus Anda Kuasai

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *