Ingin Melakukan Pengembangan UMKM? Lakukan dengan Strategi 5P ini

Saat ini Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) semakin banyak di Indonesia. Bahkan pemerintah sampai membuat program UMKM agar UMKM di Indonesia lebih maju dan berkembang agar bisa meningkatkan perekonomian negara. Nah tugas pelaku UMKM saat ini adalah harus lebih kreatif dan memikirkan strategi agar UMKM-nya bisa dikenal nasional hingga global. Untuk mewujudkan pengembangan UMKM tersebut, ada berbagai cara salah satunya melalui 5P, yaitu Product, Price, Place, Promotion, dan People.

 

Berikut pengembangan UMKM dengan strategi 5P yang bisa dicoba

 

1. Product

 

Pengembangan UMKM
Sumber Foto : magelangekspres.com

 

Dalam pembuatan produk, pelaku UMKM harus memikirkannya secara inovatif, kreatif dan menarik.Tak hanya itu, untuk mendapatkan produk yang sedang digemari pasar, pelaku UMKM juga harus melalakukan survey langsung ke pasar agar mendapatkan gambaran produk yang realistis.

 

Karena, semakin Anda kuat dalam melakukan inovasi produk dan layanan, maka Anda akan mampu melakukan pengembangan dan memenangkan persaingan bisnis. Ada baiknya juga para pelaku UMKM mencari produk yang belum dijual di pasaran tapi bermanfaat bagi pembeli.

2. Price

 

pengembangan umkm
Sumber Foto : cdn-radar.jawapos.com

Harga jual sangat penting untuk diperhatikan oleh para pelaku UMKIM. Biaya yang paling utama dalam UMKM adalah biaya modal dan biaya operasional. Biaya modal seperti modal yang Anda siapkan sebelumnya atau ada lembaga atau pihak keuangan yang memberi fasilitas kredit bagi usaha Anda.

 

Sedangkan untuk biaya operasional seperti gaji karyawan, biaya bahan baku, dan biaya produksi. Harga jual akan semakin tinggi apabila kedua biaya tersebut mencapai nominal yang tinggi.

 

Bagi mitra sukses Kitadigi yang sedang mencari modal, carilah lembaga keuangan mikro yang memberikan fasilitas kredit dengan bunga murah, proses cepat dan jangka waktu yang lama.

3. Place

 

pengembangan umkm
Sumber Foto : mnews.co.id

 

Lokasi jualan akan sangat membantu para pelaku UMKM dalam menentukan minat pasar. Jika Anda bisa memilih lokasi yang strategis dan ideal, Maka jualan produk Anda akan cepat dikenal masyarakat dan laris terjual.

4. Promotion

 

Sumber Foto : lokadata.id

 

Promosi sangat penting dalam menjangkau calon pelanggan yang lebih luas. Beberapa UMKM Go Digital juga sudah menerapkan promosi melalui media sosial dan memiliki dampak yang bagus. Karena saat ini media sosial menjadi salah satu tempat promosi yang paling murah, mudah dan cepat. Anda bisa promosi hanya dengan meletakkan foto produk beserta detail produk dan harganya.

5. People

 

Sumber Foto : disk.mediaindonesia.com

 

Sumber Daya Manusia sangat penting dalam membantu Anda untuk mengembangkan usaha agar lebih maju dan berkembang. Meskipun usaha Anda masih skala mikro, dalam memilikh karyawan harus seleksi karyawan harus secara teliti dan benar. Dalam menyelekasi, Anda juga harus mengutamakan karakter SDM tersebut, seperti berorientasi bisnis, mempunyai dan memahami laporan keuangan usaha serta mampu membuat dan menjalankan posting biaya yang efektif.

 

Untuk membantu Anda dan juga karyawan Anda dalam mengurus laporan keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir untuk mendapatkan laporan keuangan yang lengkap,rapih dan tentunya cepat. Dengan begitu, Anda jadi memiliki waktu lebih untuk memikirkan strategi agar pengembangan UMKM Anda menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

 

Nah, bagaimana #mitrasukses KITADIGI? Mungkin strategi pengembangan UMKM diatas bisa mitra sukses KITADIGI coba terapkan dalam pengembangan usaha Anda, selamat mencoba

 

Baca juga : Tips UMKM Go Digital Agar Mampu Bersaing di Pasar Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *