Pentingnya Membuat Proposal Usaha Makanan Sebelum Memulai Bisnis

Usaha makanan memang dinilai sangat mudah dan praktis, banyak yang tidak terpikirkan untuk membuat sebuah proposal usaha makanan, tetapi perlu Anda ketahui bahwa tidak membuat proposal sedari awal usaha akan membuat Anda menyesal di kemudian hari. Untuk itu Anda wajib tahu mengenai pentingnya membuat proposal bagi bisnis Anda. 

 

Apa alasannya? Karena proposal merupakan salah satu cara untuk mengembangkan usaha. Walaupun bukan perusahaan atau pabrik besar, proposal sangat berdampak bagi usaha makanan agar tidak monoton.

 

Anda perlu mempersiapkan proposal sejak awal usaha Ada dimulai, karena jika Anda membutuhkan diwaktu yang sangat sempit dan dikejar waktu, mau tidak mau Anda harus menyewa seorang tenaga ahli dalam membuat proposal, dan itu akan memakan dana yang lebih besar.

 

Pada intinya, proposal sangat dibutuhkan untuk usaha sekecil apapun, karena dalam proposal terdapat sebuah business plan yang akan menjadi dasar bagi perencanaan lanjutan. Dan dari situlah pengembangan usaha Anda ditentukan.

 

Baca juga: 9 Cara Memasarkan Produk Makanan Agar Untung Melejit

 

Di dalam artikel Anda akan mengetahui poin penting yang dibutuhkan dalam membuat proposal bisnis yang sederhana, yang di antaranya adalah:

 

1. Produk Anda

 

Jelaskan jenis produk makanan Anda, apa kelebihannya dan apa yang membedakannya dari produk makanan lain yang sering ditemukan. Juga sampaikan keunggulan produk makanan Anda sehingga Anda prediksikan akan laku di pasaran.

 

2. Target Pasar

 

Perhatikan karakter produk makanan yang cocok dengan pasaran, untuk menentukan hal ini Anda perlu melakukan riset pasar. Kenali daya beli pasar, pola konsumsi pasar dan peta persaingan beberapa jenis pasar dan menentukan pasar mana yang tepat untuk produk Anda.

 

3. Langkah Strategis

 

Setelah mengetahui karakter produk makanan dan pasar yang ditargetkan, Anda harus menentukan konsep penjualan Anda seperti menggunakan booth atau café, take away atau makan ditempat. Anda perlu menyusun Langkah strategis dari segala sisi, mulai dari pemasaran, pelayanan hingga pengembangan.

 

4. Proyeksi Keuangan

 

Anda perlu membuat laporan keuangan yang detail seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, proforma arus kas, proforma laba rugi serta neraca agar Anda bisa menentukan Langkah selanjutnya untuk usaha Anda di masa yang akan datang.

 

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus paham betul pentingnya proposal dalam usaha Anda. Ada banyak manfaat serta kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari proposal yang sudah Anda miliki.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *