Pentingnya Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan, Berikut Tipsnya!

Pengusaha UMKM perlu melakukan usaha mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar pelanggan Anda tidak berpindah ke lain toko, Anda harus mampu membuat mereka tetap merasa puas dan nyaman pada produk dan layanan yang Anda berikan. Lantas bagaimana cara menambah pelanggan dalam bisnis UMKM Anda?

 

Mengandalkan pelanggan lama saja tidak akan cukup membuat penghasilan Anda semakin tinggi. Sekali-sekali Anda juga harus berani mengeluarkan modal untuk menarik pelanggan baru karena pelanggan merupakan aset untuk mendapatkan keuntungan serta sosok yang paling berpengaruh dalam perkembangan bisnis.

 

Pelayanan yang baik merupakan cara pertama yang harus Anda terapkan untuk membuat pelanggan loyal terhadap bisnis Anda. Cobalah mulai untuk mendengarkan pelanggan dan mulai memberikan solusi di setiap kendala yang pelanggan hadapi dengan cepat dan tepat untuk memberikan pelayanan terbaik.

 

Tidak dipungkiri bahwa sulit untuk bisa mempertahankan pelanggan dalam waktu yang lama dan menemukan pelanggan baru dalam waktu yang singkat. Karena ada saja penyebab yang membuat pelanggan berhenti berlangganan dan butuh banyak pertimbangan untuk berlangganan di toko Anda.

 

Maka dari itu menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah sebuah keharusan bagi setiap pengusaha UMKM. Persaingan bisnis di Indonesia yang sangat ketat membuat Anda harus memikirkan strategi lain agar produk Anda tetap diminati. Disini kami akan membahas apa saja yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

 

Cara Menambah Pelanggan UMKM

 

1. Jangan Abaikan Pelanggan

 

Banyak pengusaha UMKM yang menargetkan pelanggan baru untuk bisnisnya namun pelanggan lama akhirnya terabaikan padahal pelanggan lama lebih loyal terhadap bisnis tersebut. Untuk menghindari hal ini, cobalah berikan layanan yang sama antara pelanggan baru dan pelanggan lama, agar Anda bisa meraup keuntungan dari keduanya.

 

2. Berikan Peningkatan Kualitas Produk

 

Pastikan semua produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik dan layak sesuai dengan harga yang Anda tentukan. Karena itu merupakan hal yang pertama kali diperhatikan sebelum menjalankan sebuah usaha. Anda harus melakukan pengecekan terhadap produk secara rutin agar kualitas produk tidak menurun. Apabila kualitas produk Anda menurun, besar kemungkinan pelanggan Anda akan beralih ke produk lain.

 

3. Buat Program yang Positif

 

Banyak pelanggan yang akan senang berpartisipasi dalam sebuah program yang positif. Ajaklah pelanggan Anda menjadi bagian dari masyarakat yang peduli akan isu-isu sosial atau lingkungan. Contohnya menghentikan penggunaan pemakaian plastik dan menggantikannya dengan reusable bag. Hal tersebut merupakan sebuah kampanye Go Green. Selain itu juga Anda bisa mengajak mereka untuk melakukan donasi melalui website.

 

4. Menggunakan Testimoni Untuk Menarik Pelanggan Loyal

 

Mintalah testimoni kepada pelanggan setia Anda, cara ini efektif untuk membangun persepsi pertama pelanggan baru Anda. Karena dengan begitu pelanggan baru bisa belajar tentang produk dan pengalaman pelanggan dari bisnis Anda.

 

Selain itu jika Anda beruntung memiliki pelanggan seorang influencer Instagram atau Youtube yang memiliki Followers yang banyak Anda dapat mewawancarai mereka dan tanya pendapat mereka tentang bisnis Anda.

 

5. Terus Berinovasi Menciptakan Varian Baru

 

Anda harus melakukan inovasi terhadap produk karena pelanggan bisa cepat bosan. Jika anda tidak melakukan strategi pengembangan produk, yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan varian-varian baru.

 

Demikianlah cara menjaga hubungan baik dan menambahkan pelanggan baru bagi UMKM, semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan diterapkan dalam kegiatan usaha yang sedang Anda jalankan.  Tetap semangat dan selalu produktif!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *