Pentingnya Struk Belanja Usaha Bagi Para Pelaku UMKM

Dalam berbisnis, struk belanja memiliki peranan yang penting. Anda bisa memperoleh data penjualan dari struk tersebut. Selain itu, struk ini juga penting untuk kelangsungan usaha Anda. Mengapa demikian? Cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini.

 

Mengapa Struk Belanja Penting untuk Usaha?

 

struk belanja
Sumber Foto : mediakonsumen.com

 

Berikut beberapa hal yang menjadi alasan bahwa struk belanja penting untuk kelangsungan bisnis Anda.

 

  • Menjadi data catatan penjualan

 

Data yang tertera dalam struk akan membantu Anda untuk mencatat peningkatan atau penurunan penjualan. Anda bisa menggunakannya untuk memastikan akurasi stok barang dengan jumlah penjualan produk. Jadi, Anda bisa mengetahui produk yang paling diminati dan yang kurang diminati.

 

  • Menjadi bukti tertulis dari transaksi

 

Pelanggan terkadang memerlukan detail transaksi dengan bisnis Anda melalui struk pembayaran untuk memastikan bahwa pelanggan sudah membayar sesuai jumlah barang yang dibeli. Dengan demikian, Anda bisa meyakinkan pelanggan bahwa transaksinya sudah tercatat dengan akurat.

 

  • Menjadi referensi dari data pelanggan

 

Data pelanggan biasanya berisi frekuensi pembelian, ketertarikan pelanggan terhadap produk tertentu, hingga perilakunya saat belanja. Hal tersebut akan sangat membantu dalam memperbaiki strategi bisnis. 


Beberapa Informasi yang Diperlukan di Struk Belanja

 

struk belanja
Sumber Foto : cepicahyana.com

 

Dalam struk, ada beberapa informasi penting yang perlu dicantumkan, misalnya nama toko, jenis produk, banyaknya produk, dan rincian harga. Selengkapnya ada di bawah ini.

 

  • Informasi toko

 

Informasi toko yang dicantumkan adalah logo, nama, alamat dan nomor telepon toko. Alamat website dan media sosial bisnis juga bisa Anda sertakan di situ.

 

  • Data pelanggan

 

Jika pemberian struk dilakukan secara digital, diperlukan data diri pelanggan, seperti nama, nomor handphone, dan alamat email. Detail tersebut juga akan bermanfaat untuk data pelanggan.

 

  • Catatan lengkap transaksi

 

Catatan transaksi, seperti tanggal, jam, dan nomor struk juga perlu dicantumkan. Lampirkan juga nama kasir yang bertugas dan nama pembeli, jadi mudah untuk ditindaklanjuti jika sewaktu-waktu ada komplain.

 

  • Jenis dan jumlah produk

 

Anda perlu membuat kolom berisi daftar nama produk, jumlah, harga satuan, dan subtotal harga sebelum pajak atau diskon. Catat totalnya, sekaligus jumlah uang dan kembalian.

 

Selain berbagai informasi di atas, Anda juga bisa menambahkan informasi, seperti ucapan terima kasih atau password Wi-Fi di struk belanja. Untuk mendapatkan struk belanja, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir kita yang pastinya memhttps://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fiiliki pencatatan transaksi yang lengkap.

 

Semoga berhasil, mitra sukses Kitadigi

 

Baca juga : Cara Ampuh Sebelum Memulai Usaha Kecil Dijamin Sukses

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *