Perbedaan UKM Dan UMKM

Perbedaan UKM Dan UMKM
Perbedaan UKM Dan UMKM

Kitadigi.com Perbedaan UKM Dan UMKM seperti apa? apakah sama atau berbeda. Pada tahun 1993 istilah UKM pertama kali muncul, dan hingga pada tahun 2008 pemerintah mengeluarkan Undang-Undang No.20 Tahun 2008 disana tertulis pembagian UKM menjadi dua jenis yaitu UKM dan UMKM. Lalu apa perbedaan dari UKM dan UMKM?

UKM adalah singkatan dari Usaha Kecil Menengah sedangkan UMKM adalah Usaha Mikro Kecil Menengah. UKM dan UMKM mulai mencuat di kalangan masyarakat saat era krisis moneter di tahun 1998 dan krisis ekonomi global tahun 2008. 

Saat krisis terjadi, baik UKM dan UMKM tidak mengalami efek besar bahkan tidak berpengaruh sama sekali. Sehingga saat itu dapat dipastikan negara sangat bergantung pada UKM dan UMKM dalam menstabilkan perekonomiannya.

UKM dan UMKM biasanya memiliki pendanaan modal yang berasal dari pribadi atau dikenal dengan istilah bootstrapping. UKM sebenarnya memiliki perputaran ekonomi yang cukup pesat dibandingkan UMKM. UMKM yang sudah berkembang bisa menjadi UMKM dan membuka permodalan tidak hanya melalui bootstrapping bahkan bisa juga melalui investor atau venture capital. 

UMKM terbagi menjadi tiga unit berdasarkan Undang-Undang RI No.20 Tahun 2008 yaitu Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Usaha Menengah. Ketiganya memiliki perbedaan pada jumlah kekayaan bersih hasil penjualan. 

  1. Usaha Mikro

Usaha Mikro memiliki kekayaan bersih maksimum 50 juta rupiah dengan hasil penjualan tahunan mencapai 300 juta rupiah.

  1. Usaha Kecil

Usaha Kecil memiliki kekayaan bersih lebih dari 50 hingga 500 juta rupiah dengan penjualan tahunan lebih dari 300 hingga 2,5 milyar rupiah.

  1. Usaha Menengah

Untuk Usaha Menengah memiliki kekayaan 500 juta hingga 10 milyar rupiah dengan hasil penjualan tahunan lebih dari 2,5 hingga 50 milyar rupiah. 

Jadi anda dapat menentukan usaha dalam sekala apa? apakah di kategori Mikro, Kecil atau Menengah. Perbedaan ini tidak mempengaruhi apapun. Pentingnya dalam menentukan kategori ini memudahkan dalam anda menbangun usaha anda. Selain itu menjadi patokan anda dalam perkembangan usaha anda.

Baca juga;

Perkembangan UMKM di Indonesia di Tahun 2020

Manfaat Member Koperasi yang Sangat Menguntungkan

Mengenal Sejarah Koperasi di Indonesia

info juga Instagram Kitadigi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *