Persiapan Penting Sebelum UMKM Memulai Bisnis

Pada umumnya, setiap orang yang membangun bisnis Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) memiliki tujuan untuk menciptakan ladang penghasilan. Selain mendapatkan keuntungan, bisnis UMKM bisa menjadi kesempatan bagi rakyat untuk mendapatkan kehidupan yang baik. Bisnis UMKM bisa mengurangi angka pengangguran di Indonesia dengan membuka lapangan pekerjaan baru. Sehingga, bisnis UMKM kerap dikatakan membantu membentuk perekonomian Negara. Namun, memulai bisnis UMKM dibutuhkan persiapan matang agar bisnis bisa berjalan lancar, terarah, dan terstruktur. Yuk, simak persiapan penting berikut sebelum memulai bisnis UMKM!

 

1. Tetapkan Business Partner

 

Persiapan Penting Sebelum UMKM Memulai Bisnis
Sumber Foto: aplhagamma.eu

Menjalankan sebuah bisnis, ada baiknya Anda mencari mitra usaha dengan tujuan memajukan dan mengembangkan bisnis UMKM bersama-sama. Pastikan mencari mitra kerja yang memiliki visi dan misi yang sesuai dengan Anda. Layaknya mencari pasangan hidup, dibutuhkan kecocokan untuk saling mengisi gap atau kekurangan. Bicarakan pembagian keuntungan sejak awal, jagalah komitmen dan keprofesionalan selama menekuni bisnis.

 

2. Tentukan Modal & Jenis Usaha

 

Persiapan Penting Sebelum UMKM Memulai Bisnis
Sumber Foto: jojonomic.com

Modal menjadi elemen penting dalam memulai bisnis UMKM. Tidak semua bisnis membutuhkan modal besar, yang terpenting Anda harus pandai dalam menghitung dan mengelola keuangan agar bisnis berjalan maksimal. Hitung rincian modal secara detail untuk meminimalisir risiko kerugian. Lakukan riset untuk menyesuaikan bisnis yang Anda buat dengan target pasar. Menjalankan sebuah bisnis dibutuhkan ketekunan dan komitmen agar bisnis bisa terus berkembang. Pastikan memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat Anda, dan yang utama sesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

 

3. Kenali Target Pasar

 

Persiapan Penting Sebelum UMKM Memulai Bisnis
Sumber Foto: accurate.id

Lakukan analisa pasar untuk mengetahui keinginan masyarakat, khususnya konsumen yang menjadi target bisnis Anda. Cari tahu pendapat publik tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan aktif di media sosial. Lakukan inovasi produk sesuai dengan tren masa kini. Manfaatkan media digital untuk menggapai konsumen Anda lebih luas lagi. Target pasar pun bisa membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran ke depan.

 

4. Perencanaan Bisnis

 

Persiapan Penting Sebelum UMKM Memulai Bisnis
Sumber Foto: topbrand-award.com

Dalam menjalankan bisnis UMKM, perencanaan bisnis yang matang sangat dibutuhkan. Dengan adanya perencanaan, bisnis bisa berjalan secara terstruktur dan sistematis sehingga mampu mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, serta mengetahui langkah tepat pengembangan bisnis ke depan. Tentukan visi dan misi bisnis Anda. Susunlah strategi promosi untuk merebut hati konsumen.

 

5. Tentukan Lokasi Bisnis

 

Sumber Foto: jojonomic.com

Lokasi menjadi penentu agar bisnis Anda bisa dikenal baik oleh publik. Jika Anda membuka bisnis offline, carilah tempat strategis yang menjadi akses jalan orang banyak. Anda juga bisa menjalankan bisnis online yang bertempat hanya di rumah saja.

 

6. Mengurus Izin Usaha

 

Sumber Foto: indonesia.go.id

Dalam usaha berskala kecil atau menengah memang tidak perlu mengurus beberapa surat. Jika bisnis Anda lebih profesional, ada baiknya Anda mengecek legalitas agar bisnis Anda sah di mata hukum. Segeralah mengurus perizinan secepat mungkin, agar Anda merasa aman dan lebih leluasa ketika menjalaninya. 

 

7. Rekrut Karyawan

 

Sumber Foto: agazine.job-like.com

Besar atau kecilnya perusahaan, pada akhirnya akan dibutuhkan karyawan untuk memudahkan Anda. Lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, usahakan mencari karyawan yang berkualitas dan memiliki keahlian agar bisa meraih tujuan usaha besama-sama. 

 

Baca Juga : Tips Jitu Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis UKM 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *