Yuk Kenalan dengan Point of Sale yang Bisa Bantu UMKM Sukses

point of sale
Sumber Foto : cdn.techinasia.com

 

 

Saat ini Point of Sale (POS) system sudah menjadi bagian yang sangat penting di segala usaha. Dan fungsinya pun sudah lebih dari hanya melakukan transaksi penjualan. Sebelum jauh membahas POS, kita bahas sedikit apa itu POS System. 

 

POS adalah sebuah aplikasi yang dapat memproses transaksi penjualan di toko dan terhubung dengan mesin kasir. POS akan mencetak struk makanan atau barang yang kamu pesan di toko. Maka toko tersebut menggunakan aplikasi kasir POS system. 

 

Dengan berkembangnya teknologi, mesin kasir jaman dahulu menggunakan catatan tangan, namun saat ini semua sudah berubah, dan hanya menggunakan tablet atau komputer bahkan handphone dapat dijadikan sebuah mesin kasir yang dapat mencatat semua transaksi di toko. 

 

Hanya memerlukan koneksi internet, maka POS system yang kamu punya bisa dijalankan untuk mencatat semua transaksi di toko.

 

Berikut dibawah ini detail fungsi dan manfaat penggunaan Point of Sale (POS) :

 

  1. Dapat mencatat transaksi dengan lengkap dan memprosesnya menjadi sebuah laporan yang mudah dianalisa untuk pemasukan dan pengeluarannya. 
  2. Sudah terhubung dengan sistem stok barang atau inventory, sehingga kamu dapat lebih mudah menghitung stok produk.
  3. Dapat memberikan laporan penjualan secara rinci dan detail hanya dengan online. 
  4. Dapat mengupdate stok barang atau harga barang yang berubah pada saat itu juga.
  5. Mencetak struk pembeli, sehingga kamu tidak lagi menggunakan kwitansi atau bon. 
  6. Hitungan otomatis, dengan POS system kamu tidak lagi menghitung kembalian pembeli atau menunggu lama antrian pembeli pada saat membayar. 
  7. Dapat menerima pembayaran cash atau non-cash. 

 

Berikut ini adalah cara kerja dari Point of Sale system : 

 

1. Transaksi 

 

Dengan menggunakan aplikasi berbayar, kamu tidak perlu repot lagi jika ada pelanggan yang tidak punya uang cash, karena semua sudah bisa dibayarkan dengan debit atau mata uang virtual. 

 

Dengan POS system, transaksi akan otomatis menghitung diskon yang kamu setting. Jadi lebih cepat dalam penghitungan. Dan Owner pun dapat memonitoring transaksi dari jarak jauh, hanya menggunakan koneksi internet. 

 

2. Internet

 

Saat ini sudah banyak pelaku usaha menggunakan Point of Sale untuk memudahkan pembayaran atau mencatat stok barang dengan mudah. Bahkan, pengembangan POS saat ini bisa berinteraksi dengan sistem akuntansi dimana kita dapat melacak gaji karyawan, jam kerja karyawan dan pendapatan.

 

3. Perangkat Keras / Hardware

 

Point of Sale system tidak lepas dari perangkat keras yang fungsinya adalah untuk mencetak hasil dari aplikasi, yaitu printer thermal. 

 

Saat ini printer thermal juga bisa didapatkan internet, banyak yang menjualnya. Printer thermal fungsinya untuk mencetak detail dan pembayaran pelanggan struk yang ditampilkan pada aplikasi.

 

Selain printer, terkadang ada juga toko yang menggunakan cash drawer (laci kas pembayaran) yang sudah terhubung dengan aplikasi POS. Cash drawer ini juga bisa secara otomatis terbuka saat kasir sudah menyelesaikan transaksi. 

 

Dan lebih aman menggunakan cash drawer, namun biasanya ini digunakan pada toko di mall. Karena lebih memiliki budget lebih. Namun untuk para UMKM bisa menggunakan aplikasi POS di smartphone atau tablet. 

 

Sekian dari pembahasan POS system, jika saat ini kamu ingin mencoba layanan POS, kunjungi kasirkita.id untuk mendapatkan 14 hari trial. 

 

Baca juga : 7 Keuntungan yang Didapat Jika UMKM Go Online

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *