Rahasia Sukses Rico Huang Punya Omset Ratusan Juta

 

Trend jual beli saat ini sudah berubah, banyak orang yang beralih ke jual beli online, tidak hanya pebisnis lama yang yang hijrah dari toko offline ke online kini banyak pebisnis baru yang justru langsung menjelajahi bisnis online. Apalagi disaat pandemi global seperti saat ini, dimana berjualan offline sudah tidak bisa seoptimal dulu. 

 

Namun berjualan online pun harus memiliki strategi agar mendapatkan omzet yang sesuai dengan keinginan. Kami akan membahas salah satu kisah inspiratif dari seorang pebisnis online yang mencapai kesuksesannya di usia yang masih tergolong muda.

 

Rico Huang, pria kelahiran 1995 ini merupakan anak ke 3 dari 4 bersaudara, di usianya yang masih 25 tahun, Rico sudah merasakan pahit getirnya kehidupan. Berbagai rintangan, bahkan mungkin hingga di titik terendah dalam hidupnya telah berhasil dilewati. Keadaan itu tidak membuatnya patah semangat, ia pantang menyerah dan selalu optimis.

 

Berawal dari musibah kebakaran rumah yang tidak pernah terbayangkan oleh dirinya saat SMA. Peristiwa tersebut membuat keadaan ekonomi keluarga Rico semakin memburuk. Saat sedang menempuh bangku sekolah, ia mulai belajar berwirausaha kecil-kecilan yang sekiranya bisa dijual di sekolah. Hal ini dilakukan karena ingin meringankan beban orang tuanya.

 

Saat itu Rico memutuskan untuk berjualan nasi uduk yang ia peroleh dari tetangganya. Ia mendapati keuntungan dari itu, namun usaha itu tidak berlangsung lama karena pihak sekolah membuat larangan bagi siswa yang berjualan.

 

Namun hal itu tidak membuatnya berdiam diri, ia melanjutkan berjualan kaos oblong dengan modal minim dan menjualnya setelah jam sekolah. Tapi usaha itupun kandas di tengah jalan. Merasa tidak cocok akhirnya ia beralih ke bisnis kuliner dengan membuka usaha mie ayam.

 

Bisnis mie ayam pun gagal karena keterbatasan ilmu dan background bisnis kuliner, hingga ia merugi sebanyak 15 juta Rupiah dalam waktu 14 hari. Saat itu Rico Huang tidak menyerah, ia belajar dari kesalahan dan membulatkan tekad untuk membuka bisnis baru yang lebih menjanjikan.

 

Rico Huang juga sempat menimba ilmu di Binus University selama beberapa semester, namu ia drop out dari kuliahnya karena lebih fokus mengembangkan bisnis. Mengambil keputusan itu tidaklah mudah, saat itu ia kerap diremehkan oleh beberapa orang. Namun hal tersebut tidak membuatnya berkecil hati, ia terus berusaha dan membuktikan bahwa dirinya pasti berhasil tanpa mempedulikan cibiran dari orang lain.

 

Kegagalan demi kegagalan sudah dilewati, ia kembali berjuang dengan membuka usaha online shop. Ia memulai berjualan aksesoris handphone karena menurutnya itu menjanjikan. Ia mendapatkan respon positif dari pemasarannya ke media sosial seperti Kaskus, Instagram dan Facebook. Dari sekian banyak media sosial, ia mengaku bahwa Instagram adalah salah satu yang paling membantu bisnisnya hingga semakin besar.

 

Hasil dari proses pembelajaran ini akhirnya ia rangkum ke dalam sebuah buku berjudul “Jago Jualan di Instagram”. Tentunya buku itu bukan hanya bicara soal omong kosong belaka, bukunya berdasar pada studi kasus dari pengalamannya.

 

Salah satu strategi Instagram marketing yang dibeberkan Rico adalah dengan follow unfollow akun. Jadi, awalnya dia mencari akun kompetitor yang jualannya sama lalu mengecek jumlah followersnya. Jika followersnya banyak, ia follow semua followersnya. Begitu pun dengan kompetitor lain. Kompetitor memiliki target pasar yang sama, sehingga followers yang di follow adalah orang-orang tertarget. Mereka sama-sama suka dan membutuhkan produk yang dijualnya.

 

Akhirnya ia berhasil, melalui saluran distribusi dan teknik digital marketing, ia berhasil menggaet ribuan reseller/dropshipper untuk menjual berbagai produknya. Bersama partner bisnisnya ia mampu menghasilkan omset hingga ratusan juta perbulan di usianya yang masih sangat muda. itulah cerita singkat dari rahasia sukses Rico Huang. Jangan lupa untuk gabung komunitas Kitadigi atau yang ingin memasarkan produknya di E-commerce Kitadigi, disini.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *