Strategi Ampuh Pemasaran yang Efektif untuk UMKM

Untuk mengenalkan produk Anda kepada calon konsumen, tentu harus dilakukan pemasaran atau promosi. Memasarkan suatu produk terbilang tidak mudah, dan dibutuhkan strategi yang tepat supaya efektif. Apa saja strategi pemasaran yang efektif untuk dilakukan UMKM? Simak saja di sini.

 

1. Menciptakan Produk yang Unik

 

Strategi Ampuh Pemasaran yang Efektif untuk UMKMSumber Foto: avrist.com

 

Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum berpromosi adalah menciptakan produk dengan keunikan tersendiri. Produk yang unik akan memperbesar peluang Anda untuk memenangi persaingan pasar dan membuat konsumen loyal terhadap produk Anda. Produk yang unik ini juga akan mendukung iklan Anda untuk tampak semakin menarik.

 

2. Membuat Tujuan yang Jelas dari Iklan

 

Strategi Ampuh Pemasaran yang Efektif untuk UMKMSumber Foto: mews.agency

 

Anda sudah menciptakan produk unik yang ingin dijual, selanjutnya Anda perlu membuat tujuan yang jelas dari iklan itu. Contohnya, Anda memiliki UMKM kuliner dan iklan yang dibuat bertujuan untuk memperkenalkan varian rasa terbaru produk Anda kepada konsumen. Jadi ketika membuat iklan, isinya tidak melebar dan fokus pada tujuan tersebut. 

 

3. Melakukan Pemasaran secara Online

 

Strategi Ampuh Pemasaran yang Efektif untuk UMKMSumber Foto: detik.com

 

Dengan mudahnya akses internet, pemasaran secara online tentu menjadi strategi pemasaran yang tepat saat ini. Selain lebih cepat, pemasaran secara online juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Beberapa strategi online marketing yang bisa dilakukan, antara lain content marketing, Google Ads, video marketing, dan social media marketing.

 

4. Menghadirkan Berbagai Promo

 

Sumber Foto: tdstelecom.com

 

Strategi lain untuk memasarkan produk Anda adalah dengan menghadirkan berbagai promo menarik. Ada berbagai promo yang bisa dihadirkan, seperti diskon, kupon hadiah, cashback, atau hadiah menarik dengan minimal pembelanjaan tertentu. Promo ini dapat dihadirkan di hari-hari tertentu, misalnya awal atau akhir tahun atau hari raya tertentu.

 

5. Telaten dan Konsisten

 

Sumber Foto: mmsholdings.com

 

Terakhir, Anda perlu telaten dan konsisten dalam menjalankan berbagai strategi di atas. Selain untuk memasarkan, strategi di atas juga bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap usaha Anda. Jadi pastikan juga selalu memperhatikan kualitas konten pemasaran tersebut ya.

 

Setelah mengetahui strategi pemasaran yang perlu dilakukan oleh UMKM, jangan lupa untuk menerapkannya ya.

 

Baca Juga: Tips Jitu Meningkatkan Penjualan Menggunakan Digital Marketing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *