Strategi Bisnis Jitu dalam Menghadapi Era New Normal untuk UMKM

Setelah berbulan-bulan lamanya menghadapi pandemi Covid-19, saatnya masyarakat Indonesia masuk dalam kondisi normal baru atau fase new normal, dimana masyarakat bisa kembali beraktivitas normal namun tetap dengan protokol kesehatan. Dengan adanya kondisi normal baru, tentunya mempengaruhi gaya hidup masyarakat dan juga sektor bisnis. Perubahan yang tak menentu setiap harinya menuntut para pelaku UMKM untuk bisa beradaptasi dan memiliki strategi bisnis yang tepat di masa new normal. Lalu, strategi bisnis apa yang tepat untuk menghadapi periode new normal ini? Berikut ulasannya.

 

1. Melihat Peluang Bisnis saat New Normal

 

Strategi Bisnis Jitu Dalam Menghadapi Era New Normal untuk UMKMSumber Foto: sahabatpegadaian.com

 

Tak dapat dipungkiri adanya pandemi Covid-19 ini berdampak besar pada dunia bisnis. Tak sedikit UMKM dan perusahaan-perusahaan besar terpaksa gulung tikar karena daya beli dikalangan masyarakat menurun. Masyarakat cenderung lebih selektif dalam berbelanja dan memilih menyimpan dana mereka untuk menghadapi situasi krisis yang tak menentu di kemudian hari pada masa new normal ini.

Lakukan pengamatan terhadap pola konsumsi masyarakat dan buatlah strategi peluang bisnis sesuai pengamatan Anda. Jangan terpaku pada bidang yang sedang Anda geluti, berpikir out of the box  dan keluar dari zona nyaman. Cari peluang dari sektor bisnis lain yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masa new normal ini.

 

2. Kreativitas Tanpa Batas  

 

Strategi Bisnis Jitu Dalam Menghadapi Era New Normal untuk UMKMSumber Foto: beritalima.com

 

Di masa transisi, penurunan nilai aset dan persaingan yang semakin ketat dengan kondisi pasar ekonomi dan daya beli yang masih belum stabil akan mendorong kreativitas Anda. Anda harus mencari jalan keluar untuk menormalkan bisnis Anda dengan membuat trobosan baru yang menguntungkan. Masa new normal menuntut para pengusaha UMKM bijak dalam urusan keuangan, Anda bisa menggunakan kreativitas Anda membuat produk baru yang mampu menciptakan produk yang berkualitas dengan biaya rendah, buat strategi pemasaran sesederhana mungkin namu efektif.

 

3. Beralih ke Digital

 

Strategi Bisnis Jitu Dalam Menghadapi Era New Normal untuk UMKMSumber Foto: takaitu.id

 

Dengan kondisi yang tak menentu di masa transisi ini, manfaatkan kehadiran teknologi dan kanal digital untuk memperluas jangkaun pasar Anda. Konsumen akan lebih mudah menjangkau produk dan jasa yang Anda miliki. Terapkan protokol kesehatan dengan memudahkan konsumen untuk menjangkau produk dan jasa yang Anda miliki dengan pembelian online, aplikasi pesan antar dan lain sebagainya

 

4. Atur Ulang Strategi Pemasaran yang Ideal

 

Sumber Foto: accurate.id

 

Pada era new normal, Anda harus mengahadapi persaingan sengit untuk memenangkan hati konsumen melalui produk dan jasa yang ditawarkan. Selain inovasi dan kualitas produk yang harus dijaga, Anda juga harus cermat dalam meraih peluang dengan menyusun strategi pemasaran yang matang. Fokus pada nilai produk, lakukan riset kenali target konsumen Anda dan kecenderungan mereka dalam melakukan pembelian, pertahankan pangsa pasar yang dimiliki.  Gunakan software akuntansi dalam menghitung anggaran agar lebih akurat.

 

Baca Juga: Tips Cermat Membangun Bisnis Fashion untuk UMKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *