Strategi Jitu Jalani Bisnis Retail Dijamin Sukses

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah bisnis retail, dimana produknya dijual secara eceran dan ditujukan langsung kepada pembeli. Pangsa pasar bisnis model ini sangat luas. Buktinya, saat ini ada begitu banyak toko, minimarket, maupun supermarket, namun selalu ada pelanggan. Apakah ada strategi bisnis retail supaya terus ramai pelanggan? Simak di sini.

 

1. Membuat Toko yang Menarik 

 

Strategi Jitu Jalani Bisnis Retail dijamin SuksesSumber Foto: bisnisukm.com

 

Membuat toko yang menarik menjadi hal pertama yang bisa lakukan supaya toko retail Anda semakin ramai dikunjungi konsumen. Mungkin memang tidak semua pengunjung melakukan pembelian, namun dengan toko yang terlihat ramai, bisa saja orang lain jadi tertarik untuk mengunjungi. Akan tetapi, pastikan penjaga toko tidak akan kewalahan untuk melayani konsumen ya.

 

2. Menyediakan Produk yang Bervariasi

 

Strategi Jitu Jalani Bisnis Retail dijamin SuksesSumber Foto: folderbisnis.com

 

Selain toko yang menarik, banyaknya varian produk juga menjadi daya tarik untuk calon pembeli. Semakin bervariasi dan lengkap produk yang Anda jual, maka semakin besar kemungkinan Anda bisa menyediakan kebutuhan pembeli.

 

3. Menjual Produk Berkualitas Baik

 

Strategi Jitu Jalani Bisnis Retail dijamin SuksesSumber Foto: edupaint.com

 

Memang pengusaha retail tidak bertanggung jawab untuk membuat produk berkualitas, namun bukan berarti Anda tidak bisa menjual produk berkualitas baik. Kalau Anda menjual barang yang kualitasnya kurang baik, Anda akan terkena dampaknya. Meski harganya relatif lebih mahal, produk dengan kualitas baik akan diminati juga oleh pembeli.

4. Mengupayakan Pengunjung untuk Membeli

 

Strategi Jitu Jalani Bisnis Retail dijamin SuksesSumber Foto: pendidikanekonomi.com

 

Ketika toko Anda ramai dikunjungi, selanjutnya Anda perlu memastikan bahwa persentase transaksi yang dilakukan juga tinggi. Ada banyak penyebab pembeli batal bertransaksi, misalnya barang dijual kurang lengkap atau menarik, harganya terlalu tinggi, atau pelayanan kurang maksimal. Segera lakukan evaluasi jika itu terjadi pada toko Anda.

 

5. Memudahkan Pembayaran

 

Sumber Foto: carainvestasibisnis.com

 

Selan menyediakan berbagai pilihan barang, Anda juga perlu menyediakan berbagai pilihan pembayaran. Semakin bervariasi pemilihan pembayarannya, maka itu akan semakin memudahkan pembeli dengan tidak mengantri terlalu lama.

 

6. Membuat Pelanggan Loyal

 

Sumber Foto: uinjkt.ac.id

Loyalnya pelanggan bisa menjadi aset penting yang mempengaruhi berkembang atau tidaknya bisnis retail Anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa banyaknya pelanggan yang loyal, bisnis Anda akan sulit untuk bisa bertahan, terlebih jika persaingannya ketat. Anda bisa mengupayakan ini dengan memberi penghargaan atau THR untuk pelanggan setia.

Sudah siap menerapkan berbagai strategi bisnis retail di atas?

 

Baca Juga: 5 kemampuan usaha yang harus di miliki oleh UMKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *