Strategi Marketing Wajib Bagi UMKM di Era New Normal

Sektor ekonomi dan bisnis khususnya UMKM mengalami perubahan yang sangat signifikan di tahun 2020 ini. Dimana semua pola kehidupan masyarakat berubah karena dampak dari pandemi yang melanda hampir seluruh dunia. Semua pelaku UMKM pastinya harus memutar otak bagaimana menentukan strategi marketing yang diperlukan dalam menghadapi pandemi ini. 

 

Salah satu strategi paling tepat adalah terjun ke dunia digital marketing. Dimana saat ini, jasa digital marketing menjadi salah satu aspek utama dalam menghadapi persaingan dagang di era pandemi. 

 

Perubahan tersebut disesuaikan dengan keadaan dunia, dimana protokol keluar rumah semakin ketat karena batasan ruang gerak perekonomian masyarakat. Hal ini membuat para pelaku bisnis dan juga konsumen mulai beralih pada metode transaksi online atau digital yang tidak memerlukan pertemuan fisik. 

 

Baca juga: 10 Strategi Marketing yang Wajib Dikuasai Dalam bisnis UMKM

 

Jasa Digital Marketing Semakin Diburu

 

Perangkat digital yang ada di tangan masyarakat modern saat ini telah menjadi gerbang baru dalam kehidupan. Bagaimana tidak, semua jenis informasi bisa diakses melalui ponsel pintar (smartphone) oleh setiap individu.

 

Jasa digital marketing semakin dicari oleh para pemilik usaha mulai dari usaha kecil hingga usaha bisnis kelas atas. Jasa digital marketing membantu para pelaku usaha untuk merambah dunia digital dengan cara dan strategi yang tepat. Tak bisa dipungkiri jika segala kemudahan promosi produk yang dilakukan secara online tak lepas dari jasa digital marketing. 

 

Para pelaku usaha memanfaatkan jasa digital marketing, untuk melakukan berbagai macam promosi produk dan jasa secara online. Promosi online ini terbukti ampuh dalam menarik perhatian konsumen mengingat semua orang memiliki akses ke dunia digital. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa setiap pelaku bisnis wajib memiliki halaman website sendiri. Bukan hanya sebagai bentuk profesionalisme namun juga sebagai taktik marketing.  

 

Pentingnya Memiliki Website Bisnis 

 

Beberapa tahun ke belakang, mungkin masyarakat berpikir bahwa website bisnis hanya untuk bisnis-bisnis besar saja. Namun saat ini, pendapat tersebut sudah terpatahkan. Bisnis skala kecil seperti UMKM juga wajib memiliki website resmi. Mengapa demikian? Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa UMKM perlu memiliki strategi marketing di ranah digital.

 

1. Promosi yang Murah

 

Sektor UMKM dengan bisnis kecil mungkin memiliki modal yang cukup terbatas, sehingga tidak bisa memaksimalkan upaya promosi. Membuat website sama halnya seperti membuka toko baru. Adanya website bisnis akan membantu mempermudah kegiatan promosi karena jangkauan konsumen yang lebih luas. Bandingkan dengan seberapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk membuat toko fisik. Membuat website tentunya lebih murah dan praktis.

 

2. Profesional dan Kredibel

 

Kini kredibilitas merupakan salah satu nilai paling utama yang membuat para konsumen akan bertahan dengan produk barang atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan adanya website bisnis resmi, Anda semakin mudah merangkul konsumen dengan layanan yang semakin intim. Hal ini tentu membuat konsumen semakin terbantu dalam mengenal produk Anda lebih dekat. 

 

3. Jangkauan Audiens yang Luas

 

Website bisnis membantu Anda menjangkau calon konsumen dengan cakupan yang lebih luas, bahkan hingga ke mancanegara. Hal ini tentu berbeda jika Anda menggunakan metode promosi konvensional yang memiliki sedikit jangkauan. 

 

Peluang meraih banyak konsumen pasti semakin mudah dengan luasnya jangkauan audiens Anda. Maka dari itu, Anda bisa mempercepat laju bisnis Anda. Sehingga kredibilitas bisnis UMKM Anda akan ikut berkembang seiring meningkatnya kepercayaan konsumen.

 

Baca juga: 5 Langkah Jitu Strategi Digital Marketing Bagi UMKM

 

Bagaimana Cara Memilih Jasa Digital Marketing yang Tepat?

 

Sebagai pebisnis, Anda harus cermat dalam memilih jasa digital marketing. Biasanya jasa digital marketing menawarkan beberapa jenis layanan bagi para pebisnis untuk memaksimalkan potensi pemasaran digital, yang diantaranya adalah:

 

1. Pembuatan Website

 

Memiliki website tentunya menjadi sangat penting untuk kepentingan promosi dan juga penjualan produk barang atau jasa yang Anda tawarkan secara online. Maka dari itu jasa digital marketing akan membantu Anda dalam membuat website bisnis, toko online, blog, dan juga profile perusahaan yang mobile friendly.

 

2. Pengelolaan Website

 

Anda tidak perlu lagi repot mengurus laman website bisnis Anda karena perusahaan jasa digital marketing dapat memberikan Anda pelayanan server maintenance selama 24 jam nonstop dan juga pembuatan konten berupa sales letter untuk web Anda.

 

3. SEO dan SMO

 

SEO (search engine optimization) dan SMO (social media optimization) menjadi kunci dalam pengoptimalan digital marketing. Kedua aspek ini sangat penting dalam menentukan manuver bisnis secara online dengan memanfaatkan mesin pencari Google.

 

4. Edukasi

 

Jasa digital marketing juga biasanya menyediakan E-book sebagai materi edukasi bagi para pebisnis yang membutuhkannya. 

 

Saat ini hampir semua orang memilih transaksi online. Jika ingin bisnis Anda tetap bertahan bahkan berkembang, maka cara satu-satunya adalah dengan mengintegrasikan bisnis Anda pada ranah digital. Namun sebagai pebisnis jangan sampai Anda salah memilih jasa digital marketing yang Anda gunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *