Strategi Sukes Hadapi Persaingan di Bisnis Online

Perkembangan bisnis online tentunya menjadi sangat pesat di era digital ini. Sehingga, menjalankan sebuah bisnis online lambat laun memunculkan persaingan bisnis online yang ketat. Hal tersebut mendorong para pelaku usaha, baik pebisnis yang masih seumur jagung atau pebisnis profesional menyiapkan strategi persaingan bisnis online yang tepat. Nah, seperti apa sih strategi sukses untuk menghadapi persaingan bisnis online? Berilkut ulasannya.

 

1. Lakukan Riset Sederhana

 

Strategi Sukes Hadapi Persaingan di Bisnis Online
Sumber Foto: bejo.co.id

Bisnis online yang mengalami penurunan, hingga gulung tikar biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti perencanaan yang kurang matang. Sebelum menjalankan sebuah bisnis, ada baiknya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu melalui media sosial atau bergaul dengan komunitas sesama pebisnis agar mendapatkan informasi terkait barang atau jasa yang sedang ramai di kalangan masyarakat. Kenali calon konsumen Anda lebih dalam lagi, pastikan produk atau jasa yang Anda tawarkan sesuai dengan minat dan keinginan calon konsumen Anda.

 

2. Tonjolkan Keunikan

 

Strategi Sukes Hadapi Persaingan di Bisnis Online
Sumber Foto: accurate.id

Menjual produk atau jasa yang berbeda dari yang lain bisa menjadi salah satu strategi untuk bertahan di persaingan bisnis online. Gunakan kreatifitas Anda untuk membuat terobosan baru dan berbeda, yang tidak dimiliki oleh kompetitor Anda.

 

3. Tingkatkan Kualitas

 

Strategi Sukes Hadapi Persaingan di Bisnis Online
Sumber Foto: soraastral.wordpress.com

Konsumen merupakan elemen penting dalam berjalannya suatu usaha, sehingga kepuasan pelanggan harus diutamakan agar konsumen Anda tidak beralih kepada kompetitor Anda. Banyaknya bisnis online yang mulai bermunculan telah menyiapkan produk-produk yang berkualitas. Jangan mau kalah! Tingkatkan kualitas baik produk atau jasa Anda. Bila yang Anda tawarkan adalah sebuah produk, baiknya Anda memilih bahan-bahan yang tepat dan memiliki kualitas tinggi. Bila jasa yang Anda tawarkan, pastikan pelayan yang diberikan baik dan memudahkan konsumen Anda.

 

Baca Juga: Manfaat Aplikasi Kasir untuk UMKM yang Ingin GO Digital

 

4. Berkolaborasi & Mencari Mitra Usaha  

 

Strategi Sukes Hadapi Persaingan di Bisnis Online
Sumber Foto: aksaragama.com

Tidak hanya sekadar saingan saja, kompetitor Anda bisa menjadi salah satu peluang agar bisnis Anda terus berkembang dan bisa menuju ke arah kesuksesan. Jalin kerja sama dengan kompetitor Anda, gabungkan kepala dan kreatifitas untuk menghasilkan ide-ide yang nantinya akan menguntungkan kedua pihak. Dengan keunggulan masing-masing bisnis bisa menjadi solusi untuk menyentuh segmen pasar baru.

 

5. Baranding Yang Tepat

 

Sumber Foto: dotnextdigital.com

Pertumbuhan dan perkembangan bisnis di dunia digital ditentukan dari banyaknya faktor pendukung, seperti branding yang tepat. Melakukan branding akan membantu usaha Anda lebih dikenal oleh publik. Gencarkan promosi melalui media sosial, mengikuti bazar, dan lain sebagainya yang bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan.

 

6. Digital Marketing

 

Sumber Foto: growmemarketing.ca

Dalam kegiatannya, bisnis online sangat dipengaruhi oleh digital. Manfaatkan digital marketing seperti platform media sosial, website, blog untuk menarik hati konsumen Anda. Buatlah konten foto atau video menarik di media sosial dan website usaha, agar konsumen Anda tertarik dan tidak berpikir dua kali untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang Anda jual.

 

Baca Juga: Tips Mengatasi Kendala Bisnis Online Untuk UKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *