Tips Mengembangkan Bisnis Kuliner di Era New Normal

Tidak ada alasan untuk tidak stabil bagi bisnis kuliner, karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi setiap harinya, bagaimana tips nya untuk mengembangkankan bisnis ini di era new normal? kami akan membahas selengkapnya di dalam artikel ini.

 

Setelah melakukan karantina mandiri, masyarakat terpaksa harus tetap melakukan aktivitas tentunya dengan menerapkan new normal atau tatanan hidup baru. Tidak hanya di Indonesia, secara bertahap new normal juga dilakukan oleh banyak negara di dunia.

 

Baca juga: 10 Strategi Marketing yang Wajib Dikuasai Dalam bisnis UMKM

 

Walaupun belum semua wilayah di Indonesia menerapkan new normal, perputaran ekonomi harus tetap berjalan. Salah satunya adalah pada tingkat UMKM atau usaha kecil menengah, seperti diketahui bahwa UMKM menjadi bagian dari penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

 

Tips Mengembangkan Bisnis Kuliner di Era New Normal

 

Manfaatkan Lapak Jualan Online

 

Bisnis kuliner memiliki potensi untuk berkembang dengan sangat luas asalkan Anda bisa memanfaatkan teknologi internet dengan baik. Manfaatkan layanan yang tersedia dengan bergabung menjadi merchant makanan seperti GrabFood, GoFood, maupun melalui toko e-commerce, dan lain sebagainya.

 

Cara ini sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk sewa tempat, cukup dengan memanfaatkan sistem pembelian online melalui internet.

 

Perhatikan Kualitas Rasa dan Harga

 

Mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya adalah salah satu tujuan umum dalam berbisnis. Namun di dalam bisnis kuliner, kualitas rasa dan harga serta kreativitas menjadi penentu keuntungan yang akan diperoleh.

 

Anda tidak perlu khawatir,karena akan tetap banyak orang akan tetap membeli makanan atau minuman di tempat Anda meski dengan harga mahal dengan berbagai alasan seperti rasanya yang enak, kemasannya yang unik hingga promosinya yang menarik.

 

Punya Ciri Khas

 

Banyaknya pesaing dalam menjalankan bisnis ini merupakan hal yang wajar, karena permintaan yang selalu tinggi. Anda bisa memilih jenis kuliner mulai dari yang unik hingga yang belum pernah ada dipasaran. 

 

Temukan ciri khas produk Anda, misalnya seperti berjualan jajanan sehat. Maka buatlah makanan dengan unsur nilai sehat bukan hanya dari makanan atau minumannya tetapi juga dari pengemasan hingga strategi marketing agar Anda lebih unggul dari pesaing bisnis lainnya.

 

Terus Berinovasi

 

Agar pelanggan tidak merasa bosan dan Anda selalu memiliki konsumen baru, Anda harus berinovasi dalam mengembangkan kreativitas produk yang dijalankan karena seiring berjalannya waktu, bisnis Anda semakin berkembang. 

 

Kemampuan berinovasi dalam berbisnis akan sangat membantu Anda agar tetap bertahan, siap, dan lebih mudah mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *