Tips Ampuh dalam Mengelola Keuangan UMKM

Memulai UMKM saat ini memang menantang, hal ini tentu menarik untuk mereka yang menyukai tantangan. Namun memulai bisnis tentunya juga berisiko. Berbagai masalah bisnis yang kompleks dan urusan administrasi harus Anda tangani, termasuk pengelolaan keuangan. Berikut beberapa tips ampuh mengelola keuangan UMKM yang bisa Anda terapkan.

Fokus pada Segala Sesuatu Terkait “Biaya”

 

mengelola keuangan umkm
Sumber Foto : printqoe.com

 

Pada tahap awal, Anda harus menjaga pengeluaran bisnis serendah mungkin. Hal ini bisa dibantu dengan perencanaan anggaran satu tahun untuk hal-hal, seperti sewa, pajak, penggajian, utang, bunga, dan biaya operasional lain. 

Setelah selesai dengan urusan administratif, segera buka rekening bank komersial untuk usaha Anda. Membedakan rekening pribadi dan bisnis akan memudahkan Anda untuk menghitung keuangan pada akhir tahun. Anda harus memisahkan pinjaman dan kartu kredit untuk bisnis Anda. Jangan sekalipun digunakan untuk keperluan pribadi.

Lakukan Pemantauan dan Evaluasi Keuangan Secara Konsisten

 

mengelola keuangan umkm
Sumber Foto : klikpajak.id

 

Entah itu bisnis yang besar atau kecil, Anda perlu mengecek aliran keuangan bisnis secara detail dan efisien. Untuk hal ini, penting bagi Anda untuk memiliki Laporan Arus Kas usaha. Melalui Evaluasi ini akan membantu Anda untuk mengecek bagian mana yang paling efisien dan mana yang tidak.

 

Bernegosiasi dengan Supplier Sebelum Tanda Tangan Kontrak

 

Sumber Foto : positiverepublikgroup.com

 

Hal ini penting dilakukan kalau Anda tidak mau keuangan bisnis Anda “kebobolan”. Sebelum tanda tangan kontrak, pastikan hal-hal, seperti denda keterlambatan pembayaran dan masa tenggang pelunasan sudah diperiksa. Biasanya, banyak vendor yang memberikan diskon untuk pembelian dalam jumlah besar dan pelunasan dalam jangka waktu satu bulan. 

 

Berinvestasi dengan Aplikasi Kasir

 

Bisnis yang berskala besar biasanya menggunakan aplikasi kasir untuk membantu pengelolaan keuangannya. Dengan bantuan aplikasi kasir pengelolaan keuangan bisnis Anda menjadi lebih mudah. Segala urusan, seperti memonitor kondisi keuangan, mengelola stok barang, aset, penjualan, dan membayar pajak bisa Anda lakukan dengan aplikasi tersebut. Dengan demikian, anggaran bisnis bisa dibuat lebih cepat dan keputusan bisnis bisa lebih akurat.

 

Kalau Anda ingin keuangan bisnis Anda lebih baik, Anda bisa terapkan tips mengelola keuangan UMKM di atas ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *