Tips Ampuh Membuka Usaha Permak Jeans untuk Pemula

Tanpa disadari, banyak sekali potensi di sekitar kita yang bisa dijadikan peluang usaha. Usaha berskala kecil dengan hasil cukup seperti jasa permak/vermak jeans bisa dijadikan peluang untuk memulai sebuah bisnis. Permak jeans sendiri merupakan usaha yang menawarkan jasa menjahit jeans robek, mengecilkan ukuran celana jeans dan lain sebagainya. Tidak dikhususkan untuk celana jeans saja, pengusaha bisa membuka permak baju atau celana berbahan lainnya.

 

Tidak perlu menjadi penjahit pro, mengetahui ilmu dasar menjahit saja sudah cukup untuk memulai bisnis ini. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini pun tidak terlalu besar, tapi bisa menggarap keuntungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Ingin mencoba peruntungan bisnis dengan membuka jasa permak? Yuk, simak ulasannya berikut!

 

1. Skill Jahit

 

Tips Ampuh Membuka Usaha Permak Jeans untuk Pemula
Sumber Foto: cermati.com

Sebelum memulai usaha ini, tentunya Anda harus memiliki keahlian dalam menjahit. Untuk tahap awal, Anda tidak perlu mahir dalam menjahit. Setidaknya Anda sudah memahami teknik dasar pengukuran, pemotongan bahan, dan menjahit dengan mesin. Beriringan dengan berjalannya bisnis, Anda bisa mengikuti kursus atau program pelatihan menjahit untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan menjahit Anda.

 

2. Peralatan Kerja

 

Tips Ampuh Membuka Usaha Permak Jeans untuk Pemula
Sumber Foto: rinasusanti.com

Peralatan seperti mesin jahit, benang, meteran, dan gunting dibutuhkan untuk usaha ini. Memulai usaha permak ini, Anda tidak diharuskan menggunakan mesin jahit yang baru, mesin jahit bekas yang masih berfungsi dengan bak pun bisa Anda manfaatkan. Setelah modal Anda kembali, Anda bisa mengganti mesin jahit dengan yang baru.

Tidak sedikit pelanggan usaha permak jeans atau pakaian ini, gunakan mesin jahit bertenaga listrik untuk mempercepat pekerjaan Anda. Peralatan lainnya seperti benang, pita meteran, dan gunting bisa Anda beli di toko peralatan jahit.

 

3. Lokasi Usaha

 

Tips Ampuh Membuka Usaha Permak Jeans untuk Pemula
Sumber Foto: jojonomic.com

Sebagai pebisnis pemula, Anda bisa membuka usaha jahit dengan memanfaatkan ruangan di rumah Anda sendiri. Tidak perlu ruangan luas, tapi cukup untuk Anda menaruh mesin jahit dan melakukan aktivitas menjahit Anda. Jika Anda ingin membuka usaha di luar rumah, pastikan lokasi tempat ramai dan strategis. Seperti wilayah yang dekat dengan pasar, dekat toko pakaian, lokasi sekitar kampus atau perkantoran, dan lokasi ramai lainnya.

 

4. Promosikan Bisnis

 

Sumber Foto: lokadata.id

Anda bisa melakukan pemasaran bisnis Anda dengan memasang spanduk besar di tempat usaha Anda. Menyebarkan pamflet, dan yang paling ampuh melakukan promosi lewat media sosial. Di zaman serba digital ini promosi media sosial efektif membantu menjangkau konsumen lebih luas dan mendatangkan konsumen lebih.

 

5. Pembukuan dan Operasional

 

Sumber Foto: hadsystem.com

Lakukan pembukuan untuk mengontrol arus kas usaha Anda. Perhitungkan biaya operasional seperti tagihan listrik, sewa tempat, dan konsumsi Anda selama bekerja. Gunakan software akuntansi untuk memudahkan Anda menghitung pengeluaran dan pemasukan. Pertimbangkan jam kerja, biaya jasa jahit Anda untuk setiap pesanan, dan pengelolaan pesanan.

 

Baca Juga : Tips Jitu Membuka Franchise Makanan untuk Pemula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *