Tips Ampuh Usaha Cuci Sepatu Bagi Pemula

Kini, banyak sekali masyarakat yang tertarik untuk berkecimpung di dunia bisnis. Sayangnya, banyak calon pengusaha yang terhambat dalam menentukan ide bisnis yang tepat. Padahal saat ini banyak peluang bisnis dengan prospek bagus dan tidak membutuhkan modal yang sangat besar, seperti usaha cuci sepatu.

 

Di zaman milenial ini, banyak masyarakat yang memilih mengenakan sepatu branded (bermerek) berharga mahal, atau sepatu merek lokal yang menggunakan material berkualitas tinggi. Sehingga, kesadaran masyarakat untuk merawat sepatu agar tetap terjaga kualitasnya sangat tinggi. Hal tersebut menjadi peluang usaha yang sayang untuk dilewatkan. Memulai usaha ini memang tidak sulit, tapi tetap membutuhkan persiapan yang matang. Berikut tips ampuh bagi Anda yang tertarik membuka usaha cuci sepatu.

 

1. Analisis Prospek Bisnis

 

Tips Ampuh Usaha Cuci Sepatu Bagi Pemula
Sumber Foto: kompas.com

Melakukan analisa prospek bisnis bertujuan untuk memastikan bisnis yang akan dijalankan diterima oleh masyarakat sekitar di daerah Anda. Sebagai pebisnis pemula, Anda bisa mengamati lingkungan sekitar Anda, biasanya laundry sepatu ini banyak diminati masyarakat yang sering beraktivitas di luar rumah seperti siswa, mahasiswa, dan pekerja kantoran. Jika memang target Anda banyak di daerah sekitar Anda, kemungkinan jasa cuci sepatu ini memiliki potensi. 

 

2. Memiliki Pengetahuan Sepatu dan Cara Perawatannya

 

Tips Ampuh Usaha Cuci Sepatu Bagi Pemula
Sumber Foto: blibli.com

Biasanya, pemilik usaha cuci sepatu memiliki ketertarikan sendiri terhadap sepatu, seperti kolektor yang passionate terhadap fashion.  Tentunya sebagai kolektor, memiliki wawasan luas soal sepatu dan cara perawatan menjadi hal penting untuk diperhatikan. Bagi Anda yang belum cukup berpengalaman, jangan berkecil hati, karena hal ini bisa dipelajari. Pun, teknologi informasi saat ini memudahkan Anda mencari ilmu melalui search engine atau media sosial.

 

3. Memilih Bahan dan Instrumen Sesuai

 

Tips Ampuh Usaha Cuci Sepatu Bagi Pemula
Sumber Foto: popbela.com

Pemilihan bahan pembersih sepatu didasari oleh jenis sepatu yang akan dikerjakan. Deterjen yang digunakan tidak sembarangan, sedikit saja kesalahan risiko kerusakan sepatu menjadi sangat tinggi. Sama halnya dengan bahan, alat yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Ada beberapa jenis sepatu yang bisa dibersihkan menggunakan pengering dan ada yang harus dilakukan secara manual agar kondisinya terjaga.

 

4. Strategi Pemasaran yang Efektif

 

Tips Ampuh Usaha Cuci Sepatu Bagi Pemula
Sumber Foto: accurate.com

Pemasaran menjadi elemen penting dalam bisnis untuk mencapai target yang diinginkan. Tentukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Anda bisa melakukan pemasaran dengan memanfaatkan media sosial atau menyebar brosur ke wilayah yang berpotensi untuk bisnis Anda. Anda juga bisa menggunakan layanan broadcast di aplikasi pesan untuk menyebar usaha Anda pada kawan atau kerabat yang ada di kontak Anda.

 

5. Pemahaman Akan Pembukuan

Sumber Foto: jojonomic.com

Menjalankan sebuah bisnis tentunya dibutuhkan pemahaman dasar pembukuan usaha. Anda bisa membuat pembukuan sederhana untuk mengetahui arus kas bisnis Anda.

 

6. Value dalam Setiap Layanan

 

Sumber Foto: flokq.com

Tambahkan value dari pelayanan yang ditawarkan, dan menangkan hati konsumen Anda. Dalam setiap bisnis, pelaku usaha dituntut untuk mampu bersaing dengan kompetitor. Anda bisa mengambil hati konsumen dalam bentuk kompensasi, seperti memberikan layanan antar jemput sepatu, potongan harga khusus di hari tertentu atau bagi pelanggan baru dan pelanggan setia Anda. 

 

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Jenis Usaha Untuk Pemula

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *