Tips Bisnis Konveksi yang Menguntungkan untuk UKM

Konveksi baju menjadi salah satu usaha yang terus berkembang dan tidak pernah mati, karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Selama manusia hidup di dunia, pakaian akan selalu dibutuhkan.  Pakaian juga tidak lekang oleh zaman dan selalu mengalami perubahan tren tanpa mengurangi fungsinya. Dalam dunia bisnis, bisnis konveksi bisa menjadi salah satu peluang yang menjanjikan, asal memiliki konsep dan strategi bisnis yang matang. Bagaimana cara memiliki bisnis konveksi yang menguntungkan? Simak tips berikut di bawah!

 

1. Siapkan budget

 

Tips Bisnis Konveksi yang Menguntungkan untuk UKM
Sumber Foto: okezone.com

Modal menjadi hal paling penting untuk menjalankan bisnis apapun, termasuk bisnis konveksi. Modal ditentukan dari strategi yang Anda pilih, apakah Anda ingin melakukan produksi langsung atau dengan pemesanan (ready stock dan pre-order). Melakukan produksi langsung membutuhkan pengeluaran yang lebih besar dibandingkan dengan pra-pemesanan. Buatlah strategi keuangan yang matang dan tentukan berapa modal awal yang Anda butuhkan.  HItung secara rinci pengeluaran biaya promosi dan  produksi seperti mesin jahit, mesin obras, dan peralatan lain yang dibutuhkan. 

 

2. Amati tren pasar dan atur strategi pemasaran

 

Tips Bisnis Konveksi yang Menguntungkan untuk UKM
Sumber Foto: jurnal.id

Dalam memulai bisnis konveksi, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah menetapkan produk yang menjadi target pasar penjualan Anda. Apakah untuk orang dewasa, remaja kekinian, atau anak-anak. Dari masa ke masa pakaian selalu mengalami perubahan. Amati tren pasar, cari tahu produk yang sedang dibutuhkan dan banyak diminati oleh publik. 

Setelah melakukan pengamatan, tentukan strategi pemasaran yang baik dan matang. Strategi pemasaran yang baik akan berpengaruh pada bisnis konveksi Anda. Anda bisa memilih penjualan dengan menjual produk Anda kepada isnstitusi atau perusahaan (Business to Business), atau menjual produk Anda kepada masyarakat umum (Business to Customer).

 

3. Pilih supplier terpercaya

 

Sumber Foto: klikcair.com

Supplier termasuk salah satu tokoh penting dalam memajukan bisnis Anda. Dibutuhkan penyuplai bahan untuk menjalankan bisnis konveksi Anda. Bangun relasi yang baik dengan supplier terpercaya yang menawarkan harga terjangkau dan kualitas yang tinggi. Sangat disarankan untuk mencari supplier yang dekat dengan lokasi bisnis Anda untuk megurangi beban produksi. Cari supplier yang bekerja sama dengan bisnis konveksi lainnya, sehingga jelas reputasinya.

 

4. Branding dan lakukan promosi

 

Sumber Foto: entrepreneurcamp.id

Tingkatkan kesadaran konsumen dengan membangun branding. Paparkan visi dan misi, logo unik, dan desain konten sesuai produk atau jasa yang ditawarkan. Memulai bisnis konveksi memerluka kepercayaan pelanggan, agar bisnis Anda dapat  dikenal oleh publik. Promosikan bisnis konveksi Anda dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti media sosial. Buatlah konten  promosi  di media sosial seperti Instagram atau membuat website bisnis konveksi Anda. Kenalkan bisnis Anda dengan menuliskan blog yang menyertakan gambar produk dan deskripsi produk untuk menjadi penilaian dan pertimbangan konsumen untuk membeli produk Anda.

 

Baca Juga: Ingin usaha angkringan sukses? Lakukan tips jitu ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *