Tips Cermat Melihat Peluang Usaha Bagi Pemula

Tak sedikit para pelaku usaha yang sudah sukses meraih omset tinggi dalam menjalankan bisnisnya. Hal itu menjadi dorongan banyak orang untuk mencoba peruntungan bisnis. Namun, memulai sebuah bisnis tidaklah semudah membalikan telapak tangan, banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan. Seperti cermat dalam melihat peluang usaha dan kesempatan yang ada. Pengusaha pemula maupun profesional wajib memiliki kemampuan melihat peluang usaha dengan prospek cerah untuk mengembangkan bisnis.  Bagaimana cara pengusaha pemula bisa bertahan dalam persaingan bisnis? Simak tips berikut ini.

 

1. Selalu up to date  dan rajin bergaul

 

Tips Cermat Melihat Peluang Usaha Bagi Pemula
Sumber Foto: tipspengembangandiri.com

Terkadang ide-ide kreatif akan muncul saat melakukan sebuah percakapan sederhana dengan teman, keluarga, atau komunitas.  Lakukan brainstorming atau percakapan sederhana dengan orang-orang yang memiliki latar belakang dan sudut pandang yang berbeda. Dengan bergaul, Anda bisa mendapatkan ide kreatif dan inspirasi unik yang sesuai dengan tren. Anda juga  bisa melakukan riset tren masa kini dengan aktif media sosial.  Usaha apa yang sedang diminati perintis usaha dan dibutuhkan oleh para konsumen. Lakukan inovasi, kembangkan ide kreatif dari riset yang Anda lakukan.

 

2. Berkaca pada diri sendiri

 

Tips Cermat Melihat Peluang Usaha Bagi Pemula
Sumber Foto: usahalaundry.co.id

Sebelum memulai sebuah bisnis ada baiknya Anda berkaca pada diri sendiri. Sadari keahlian yang bisa Anda manfaatkan dan bisa dikontribusikan untuk usaha Anda sendiri. Dengan menyadari hal itu, Anda bisa melihat peluang untuk memulai atau mengembangkan bisnis Anda di kemudian hari.  Ada baiknya melakukan bisnis yang sesuai dengan passion Anda. Lakukan kolaborasi bisnis dengan apa yang menjadi hobi atau kegemaran Anda dengan tren masa kini. 

 

3. Melihat lingkungan dan masyarakat sekitar

 

Tips Cermat Melihat Peluang Usaha Bagi Pemula
Sumber Foto: marketingweek.com

Cari tahu apa yang dibutuhkan dan diminati masyarakat sekitar tempat tinggalmu. Dengan begitu, mungkin Anda bisa melihat celah untuk mengembangkan bisnis Anda. Amati bisnis yang telah sukses berjalan di sekitar Anda. Bila Anda mau menjalankan bisnis yang sesuai dengan hasil amatan, pastikan Anda membuat strategi matang dan melakukan inovasi  produk untuk menarik hati konsumen.

 

4. Mencari mitra bisnis

 

Sumber Foto: liputan6.com

Bermitralah dengan pengusaha lainnya yang sudah berkembang. Anda bisa menitipkan produk jualan Anda ke toko-toko, atau berjualan online dengan sistem dropship. Hal itu akan meminimalisir pengeluaran modal Anda. Buat kesepakatan dengan mitra bisnis secara terperinci soal pembagian hasil usaha, jangan sampai terjadi miss atau kesalahan.

 

Baca Juga: Rekomendasi Bisnis Online yang Sangat Menjanjikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *