Tips Cermat Memulai Bisnis Dengan Modal Minim

Membangun bisnis sukses dengan jerih payah sendiri, menjadi impian para pelaku usaha. Banyak orang beranggapan bahwa bisnis, baik itu berskala kecil maupun besar, jika hanya bermodal minim tentunya akan semakin berat dijalankan. Hal tersebut menjadi penghalang bagi orang-orang yang mulai tertarik bergelut di dunia bisnis. Dengan kesabaran, ide kreatif, dan strategi yang tepat, bisnis dengan modal minim berprospek cerah dan bisa meraup keuntungan besar berjangka panjang pun bisa didapatkan. Nah, seperti apa sih tips jitu yang bisa diterapkan untuk memulai bisnis modal kecil? Berikut ulasannya.

 

1. Tentukan Jenis Usaha

 

Tips Cermat Memulai Bisnis Dengan Modal Minim
Sumber Foto: mbizmarket.co.id

Dalam dunia bisnis, ada banyak sekali jenis bisnis yg bisa Anda pilih seperti fesyen, kuliner, laundry, dan lain sebagainya. Tapi akan lebih baik jika memilih bisnis yang sesuai minat, passion, dan hobi Anda. Pikirkan bagaimana caranya agar hobi yang Anda miliki bisa menghasilkan uang. Dengan menjalankan bisnis sesuai dengan minat, Anda akan lebih mudah menemukan solusi jika dihadapkan dengan suatu kendala atau masalah.

 

2. Lakukan Riset Pasar

 

Tips Cermat Memulai Bisnis Dengan Modal Minim
Sumber Foto: ukmindonesia.id

Setelah menentukan jenis usaha yang dipilih, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan riset pasar. Lakukan riset pasar untuk mengetahui apa saja yang sedang dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat. Riset pasar juga akan memudahkan Anda dalam menentukan siapa target pasar dan kompetitor Anda. Dengan mengenali kompetitor, Anda bisa menonjolkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh mereka.  

 

Jika menjalankan bisnis yang sesuai minat dan telah dikuasai, Anda tidak perlu repot melakukan riset. Hal itu karena Anda sudah tahu keunggulan dan kekurangan, serta target pasarnya. Dengan begitu Anda bisa menghemat waktu, dan bisa segera memulai bisnis Anda.

 

3. Bahan Baku Murah Berkualitas

 

Tips Cermat Memulai Bisnis Dengan Modal Minim
Sumber Foto: freevector.com

Bahan baku berkualitas tidak selalu dijual dengan harga yang tinggi. Kini sudah banyak sekali supplier yang bisa Anda temukan yang menjual barang berkualitas dengan harga rendah. Lakukan research supplier melalui internet atau market place, sudah banyak sekali toko online yang menjual bahan baku berkualitas dengan harga murah.

 

Baca Juga: Manfaat Aplikasi Kasir untuk UMKM yang Ingin GO Digital

 

4. Pilih Lokasi Strategis

 

Tips Cermat Memulai Bisnis Dengan Modal Minim
Sumber Foto: pinterest.com

Lokasi menjadi salah satu aspek penting dalam memulai dan mengembangkan bisnis, akan tetapi lokasi strategis memiliki biaya sewa yang mahal. Dengan begitu, ada baiknya Anda menjalankan bisnis berskala rumahan terlebih dahulu. Manfaatkan ruangan di sekitar rumah Anda seperti teras atau garasi rumah Anda. Seiring berkembangnya teknologi digital, Anda bisa fokus menjalankan bisnis dengan melakukan penjualan online

 

5. Bijak Menggunakan Modal

 

Sumber Foto: campuspedia.id

Anda perlu menghindari pembelian barang-barang yang dirasa belum dibutuhkan untuk memulai bisnis dengan modal minim. Jangan sampai modal habis utnuk membeli barang-barang yang tidak begitu penting dalam bisnis Anda. Lakukan catatan sederhana apa saja yang dibutuhkan, dan lakukan riset harganya. Sehingga Anda bisa menghitung dan menerka-nerka berapa modal yang sekiranya harus dikeluarkan.

 

6. Minta Bantuan Orang Terdekat

 

Sumber Foto: dribble.com

Jika Anda belum sanggup memulai bisnis dengan tenaga sendiri, Anda bisa meminta bantuan atau melibatkan orang-orang terdekat Anda seperti suami atau istri, anak, kakak, saudara, atau sahabat dalam memulai bisnis Anda. Jika bisnis sudah berkembang dan Anda sudah memiliki keuntungan besar, Anda bisa merekrut karyawan dari luar.

 

7. Manfaatkan Platfotm Digital

 

Sumber Foto: pinterest.com

Sudah banyak platform media sosial yang bisa membantu Anda menjangkau konsumen Anda lebih luas lagi. Anda bisa mempromoskan bisnis Anda dengan membuat konten menarik yang diupload ke media sosial, website, atau blog secara konsisten. Minta bantuan sahabat atau teman-teman Anda untuk mempromosikan bisnis anda di media sosial mereka.

 

Baca Juga: Strategi Sukes Hadapi Persaingan di Bisnis Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *