Tips Cermat Memulai Bisnis Ekspor Untuk Pemula

Pelaku usaha mana yang tidak ingin bisnisnya berkembang sampai ke luar negeri. Dalam dunia bisnis, kegiatan Ekspor membantu para pelaku usaha untuk membentangkan sayap mereka dengan menjual produk ke mancanegara. Memulai bisnis ekspor menjadi salah satu bisnis yang memiliki prospek cerah, tak disangka-sangka bisnis ekspor memiliki peluang usaha yang masih jarang dilirik perintis usaha. Hal itu bisa dijadikan celah bagi pebisnis pemula untuk memulai bisnis ekspor dari nol. Tertarik terjun di bidang bisnis ekspor barang? Yuk, simak tips berikut!

 

1. Tentukan Produk Ekspor

 

Tips Cermat Memulai Bisnis Ekspor Untuk Pemula
Sumber Foto: digitalbisnis.id

Langkah awal bagi para pebisnis pemula adalah memilih produk yang ingin diekspor. Pikirkan dengan matang produk yang memiliki prospek dan bisa menghasilkan omset besar ke depan. Gunakan mesin pencarian web untuk mencari tahu ide produk yang pas atau sesuai tren-tren terbaru yang sedang booming. Anda juga bisa mengikuti forum bisnis, atau bertanya langsung dengan pebisnis ekspor senior.

 

Pelajari dan analisa produk secara detail mulai dari bahan baku, penyimpanan, dan penggunaannya. Sebaiknya memilih produk yang tidak memiliki kadaluarsa atau kadaluarsa yang masih panjang. Hal itu dilakukan agar terhindar dari risiko produk rusak atau basi.

 

2. Tetapkan Negara Tujuan Ekspor

 

Tips Cermat Memulai Bisnis Ekspor Untuk Pemula
Sumber Foto: trisulakargo.co.id

Setelah menentukan produk yang akan dijual, kini saatnya menetapkan negara tujuaan ekspor. Lakukan analisa masyarakat, seperti budaya dan karakter negara yang dituju. Tidak perlu repot mengunjungi negara tujuan itu, Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari informasi apakah masyarakat di negara tujuan merupakan segmen pasar yang cocok untuk produk Anda.

 

3. Persiapkan Perlengkapan & Biaya

 

Tips Cermat Memulai Bisnis Ekspor Untuk Pemula
Sumber Foto: aspenku.wordpress.com

Persiapkan perlengkapan produk dan biaya untuk melakukan ekspor. Susunlah strategi pemasaran seperti mulai membuat brosur, dan katalog agar bisnis Anda mudah dikenal publik. Sesuaikan biaya perlengkapan dan produk dengan budget yang Anda miliki. Tentukan harga dan biaya ekspor dengan melakukan riset sederhana atau bertanya kepada pengusaha ekspor lain. Pastikan produk yang Anda tawarkan berkualitas dan memiliki jaminan garansi bila produk cacat atau tidak sesuai.

 

4. Manfaatkan Digital Marketing

 

Sumber Foto: ibstek.com

Di zaman milenial ini, semua sudah serba digital. Manfaatkan digital marketing untuk memaksimalkan laju bisnis Anda. Lakukan promosi secara online menggunakan media sosial, atau membuat katalog di websites khusus. Dengan memanfaatkan media sosial, Anda bisa menjangkau konsumen Anda diseluruh dunia. Persiapkan budget iklan untuk memaksimalkan promosi produk Anda di media sosial.

 

5. Daftarkan Website Bisnis ke Portal Bisnis Internasional

 

Sumber Foto: cnn.gr

Mendaftarkan website bisnis ke portal internasional berguna agar bisnis Anda bisa ditemukan oleh calon pelanggan (importir). Buatlah katalog online dengan kualitas foto yang bagus, cantumkan informasi penting seperti foto produk, keunggulan, penggunaan, harga, dan contact person dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

 

6. Lengkapi Dokumen Ekspor

 

Sumber Foto: cext.es

Untuk memasarkan produk Anda ke luar negeri, Anda perlu melengkapi dokumen ekspor. Dokumen ekspor yang lengkap, meliputi invoice, packing list, dan bill of landing akan memudahkan proses administrasi ketika produk memasuki Negara tujuan.

 

Baca Juga: Persiapan Penting Sebelum UMKM Memulai Bisnis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *