Tips Cermat Mengelolah Keuangan di Masa Pandemi

Tak dapat dipungkiri, dampak pandemi covid-19 berpengaruh pada pola hidup masyarakat, terutama pada perekonomian Negara. Banyak perusahaan yang gulung tikar, karyawan di PHK, dan masyarakat yang sulit mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, masyarakat harus bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kondisi terburuk dalam segi keuangan. Kehidupan terus berjalan dan kebutuhan pokok harus terus dipenuhi. Sehingga, mengatur ulang manajemen keuangan menjadi strategi yang tepat dilakukan di masa pandemi covid-19 ini. Berikut kitadigi bagikan tips cermat mengelola keuangan yang baik.

 

1. Periksa Kondisi Keuangan Terkini

 

Tips Cermat Mengelolah Keuangan di Masa Pandemi
Sumber Foto: kamenkeu.go.id

Periksa seluruh dana yang Anda miliki sangat penting dilakukan untuk mengelola keuangan. Hal itu dilakukan untuk memberikan gambaran jelas soal keuangan Anda, dan memudahkan Anda untuk mengatur keuangan. Periksa sisa saldo di rekening, uang tunai, dan investasi yang Anda miliki.

 

2. Evaluasi Sumber Penghasilan & Catat Anggaran Baru

 

Tips Cermat Mengelolah Keuangan di Masa Pandemi
Sumber Foto: hipwee.com

Di masa pandemi covid-19, banyak kemungkinan yang bisa terjadi dengan sumber penghasilan Anda. Baik itu penurunan penghasilan, atau skenario terburuknya Anda tidak bisa menghasilkan sama sekali karena diberhentikan. Untuk itu, mulailah mencatat anggaran baru. Tentunya akan ada beberapa penyesuaian karena perubahan pola hidup dan alur keuangan karena pandemi ini.

 

3. Hindari Pengeluaran Tidak Penting

 

Tips Cermat Mengelolah Keuangan di Masa Pandemi
Sumber Foto: lokadata.id

Penghematan menjadi cara bijak agar keuangan Anda tetap stabil di masa pandemi covid-19 ini. Hindari aktivitas belanja yang sekiranya tidak dibutuhkan. Prioritaskan apa yang menjadi kepentingan Anda sehari-hari, ada baiknya Anda  mengalokasikan uang untuk dana darurat  kedepannya.

 

4. Sisihkan Uang & Investasi

 

Sumber Foto: potretmanado.com

Untuk mengatur keuangan Anda di masa pandemi ini, tentunya Anda harus menyadari betapa pentingnya menabung. Kita tidak tahu kapan akan membutuhkan dana darurat untuk keperluan mendadak. Dengan menyisihkan uang, Anda tidak perlu repot mencari dana atau meminjam uang. Anda juga bisa memanfaatkan tabungan Anda untuk melakukan investasi, seperti investasi emas batangan. Sudah banyak emas batangan yang dijual secara online melalui market place. Pastikan tempat Anda membeli terpercaya dan harga yang ditawarkan sesuai dengan budget Anda.

 

5. Cari Penghasilan Tambahan

 

Sumber Foto: digination.id

Bagi Anda yang terkena dampak krisis ekonomi karena pandemi covid-19 atau masih belum cukup memenuhi kebutuhan pokok bulanan. Anda bisa mulai mencari sumber penghasilan tambahan dengan bekerja paruh waktu, menjadi freelancer, membuka usaha sendiri, dan berdagang melalui online shop.

 

Cermatlah dalam mengelola keuangan Anda. Perlu Anda ingat, hal yang paling penting dalam mengelola keuangan tetap stabil adalah dengan menghentikan perilaku konsumtif dan lebih banyak menabung mengalokasikan uang Anda untuk dana darurat.

 

Baca Juga : 10 Peluang Usaha yang Menjanjikan Untuk UKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *