Tips dan Trik Jualan Ayam Bakar Agar Untung Besar

Salah satu pilihan usaha kuliner yang paling populer saat ini adalah jualan ayam bakar. Hidangan ini menjadi sajian yang paling banyak diminati masyarakat hingga saat ini. Bisnis kuliner klasik ini dipastikan tidak lekang dimakan perkembangan zaman. Dengan teknik pengolahan yang tepat, Anda akan bisa membuat hidangan ini semakin spesial. 

 

Menu ayam bakar termasuk menu yang dicari, karena hidangan ini sangat disukai oleh segala kalangan usia. Ayam bakar kerap dianggap hidangan istimewa tanpa memandang ukuran usaha. Bahkan kalangan atas pun tidak akan segan menepi ke sebuah kedai ayam bakar di pinggir jalan.

 

Terbukti daya tarik peluang usaha jualan ayam bakar memang sangat potensial. Banyaknya penikmat ayam bakar membuat pelaku usahanya meraup banyak keuntungan. Bahkan banyak pengusaha lokal yang berhasil melebarkan sayapnya hingga ke kancah nasional berkat sajian ayam bakar spesial ala mereka.

 

Namun mencapai sukses dalam usaha ayam bakar tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus melewati banyak proses dan rintangan bila ingin merasakan kesuksesan. Pastinya diperlukan pengelolaan yang tepat untuk mencapai kesuksesan Anda dalam usaha kuliner klasik ini.

 

Penasaran bagaimana tips dan trik pengelolaan yang tepat untuk usaha jualan ayam bakar? Anda berada di artikel yang tepat karena kami akan membahasnya secara lengkap.

 

jualan ayam bakar
sumber foto: sajianlezat.com

 

1. Punya Citarasa

 

Salah satu kunci kesuksesan usaha kuliner adalah keunggulan pada setiap sajiannya. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena lidah tidak bisa berbohong. Anda harus menemukan resep dan teknik memasak ayam bakar yang mampu menghadirkan rasa yang melekat hingga pelanggan tidak ingin mencoba ayam bakar yang lainnya. Tak lupa berikan sambal yang nikmat serta lalapan dan aneka sajian pendamping lainnya.

 

2. Punya Ciri Khas

 

Beberapa usaha ayam bakar sengaja menghadirkan ayam bakar yang unik dan jarang didengar oleh orang banyak seperti ayam bakar taliwang, ayam bakar madu, ayam bakar bumbu padang dan banyak lagi. Banyaknya varian rasa akan memberikan nilai lebih bagi usaha ayam bakar Anda. Tidak hanya varian rasa, Anda juga bisa menyajikan dengan nasi merah atau konsep penyajian yang bernuansa tradisional.

 

3. Punya Brand yang Khas

 

Seperti yang sudah dikatakan, ayam bakar merupakan hidangan yang bisa ditemui dimana saja, banyaknya penikmat ayam bakar menjadikan pelaku usahanya pun semakin banyak. Maka dari itu Anda harus menemukan nama yang mudah diingat karena itu merupakan sebuah identitas bagi usaha Anda.

 

4. Promosi yang Tepat

 

Promosi adalah sesuatu yang wajib jika ingin usaha Anda bertahan dan sukses. Anda bisa melakukan promosi mulai dari keluarga, rekan dan tetangga sekitar. Selain itu lakukan juga promosi jalur informasi melalui media sosial agar jaringan yang didapat lebih luas.

 

5. Kerjasama

 

Biasanya usaha kuliner akan beranjak sukses setelah berani membangun kerjasama. Anda bisa membuka Kerjasama dengan banyak pihak, seperti dengan jasa travel agent untuk menyediakan konsumsi untuk rombongan wisata, dengan pihak event organizer untuk menyediakan konsumsi acara gathering atau kerjasama dengan catering untuk mensuplai ayam bakar dalam sajian buffet dan masih banyak lagi. Selain itu bisa juga bekerjasama dengan menjadi narasumber artikel kuliner bagi sebuah website kuliner atau website bisnis.

 

6. Rangkul Karyawan

 

Usaha ayam bakar pada skala menengah biasanya sudah mulai merekrut karyawan agar pemilik usaha fokus kepada pengembangan produk. Perlakukan karyawan Anda dengan baik dan ciptakan hubungan kekeluargaan dengan mereka. Hal ini diperlukan agar mereka merasa nyaman dan loya. Sehingga mereka siap memberikan yang terbaik untuk usaha Anda, termasuk melayani konsumen dengan optimal.

 

7. Jalin Hubungan Baik dengan Konsumen

 

Setiap bisnis yang Anda jalankan, pastikan Anda selaku pemilik usaha dapat membangun kedekatan dengan semua pelanggan. Bangunlah citra yang membuat pelanggan nyaman dengan pribadi Anda. Cara ini terbukti efektif untuk membuat pelanggan semakin loyal dan mudah mengingat produk yang Anda jual.  

 

Baca juga: Buka Usaha Yuk! Jualan Mie Ayam Juga Bisa Kaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *