Tips Jitu Bisnis Jual Beli Komputer Bekas

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, kebutuhan akan gadget pun semakin meningkat. Selain telepon genggam, komputer kini menjadi perangkat yang wajib dimiliki untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Hal itu berkaitan dengan fungsi dan kemampuannya dalam mengakses dunia maya (cyberspace) atau internet. Terlebih lagi, kini pelajar, mahasiswa, dan para pekerja harus melakukan segala aktivitas di rumah seperti kelas online dan work from home karena pandemi Covid-19.

 

Tingginya kebutuhan mendorong masyarakat berbondong-bondong untuk membeli komputer. Namun, banyak masyarakat yang belum siap membeli komputer baru karena harganya yang cukup menguras kocek. Sehingga, jual beli komputer, laptop, atau netbook bekas pun menjadi salah satu bisnis yang bisa dijadikan peluang dengan prospek bagus bagi para pelaku usaha. Tak sedikit masyarakat lebih memilih komputer bekas karena harganya yang ekonomis. Tertarik memulai bisnis jual beli komputer bekas? Simak tips berikut di bawah.

 

1. Lakukan Survei Pasar

 

Tips Jitu Bisnis Jual Beli Komputer Bekas
Sumber Foto: wartaekonomi.co.id

Memulai sebuah bisnis tentunya harus dilakukan riset terlebih dahulu. Lakukan survei pasar komputer bekas di pusat jual beli komputer terkait merek, spesifikasi, harga komputer yang akan diperjual belikan. Komputer baru maupun bekas memiliki harga yang bervariatif, tentunya semakin tinggi spesifikasi, akan semakin tinggi pula harganya.

 

Sesuaikan dengan budget yang dimiliki, cermati harga jual dan merek komputer yang tinggi peminat dan perhatikan daya belinya. Hindari mengambil risiko menjual komputer bekas yang sudah jarang terjual. Perlu Anda perhatikan, menjalankan bisnis jual beli komputer bekas perlu memiliki latar belakang IT agar terhindar dari penipuan. Bagi Anda yang belum memiliki basic pengetahuan IT, ada baiknya Anda mempelajarinya terlebih dahulu.

 

2. Perhatikan Hal-Hal Detail

 

Tips Jitu Bisnis Jual Beli Komputer Bekas
Sumber Foto: acerid.com

Dalam memilih komputer bekas, perhatikan hal-hal detail seperti garansi dari komputer yang Anda pilih. Membeli komputer bekas tidak menutup kemungkinan terjadinya kerusakan komputer. Untuk meminimalisir kerugian akibat kerusakan itu, cari tahu tentang garansi pada saat Anda berburu komputer bekas di pusat jual beli komputer. Tanyakan jaminan, berapa lama garansi berlaku, dan hal detail lainnya.

 

3. Periksa Kondisi Barang

 

Tips Jitu Bisnis Jual Beli Komputer Bekas
Sumber Foto: istockphoto.com

Periksa dengan teliti komputer bekas yang ditawarkan oleh para penjual. Pastikan komputer yang Anda pilih masih memiliki kualitas yang baik dan bisa dijual kembali. Lihat tampilan komputer dari luar, seperti goresan, warna, body, dan layar monitor.

 

Periksalah elemen penting komputer lainnya seperti layar monitor komputer (LCD). Pastikan tampilan layar tidak pecah, blur, noda bintik hitam atau putih, dan muncul garis vertical atau horizontal pada layar monitor.

 

Setelah selesai mengecek layar monitor komputer, periksalah keyboard. Cek kerusakan keyboard seperti keyboard tanpa diperintah mengetik sendiri, konslet keyboard, tombol huruf yang tertukar ketika ditekan, dan tombol yang sebagian tidak berfungsi. Utamakan kualitas komputer untuk meningkatkan daya jual komputer.

 

4. Periksa Kualitas Komputer

 

Sumber Foto: shutterstock.com

Lakukan pengecekan audio dengan membuka aplikasi musik di komputer atau membuka YouTube untuk video. Setting kekuatan suara komputer dari kecil hingga kencang. Perhatikan kualitas suara, bila audio kompouter bermasalah biasanya semakin kencang kekuatan suara, akan semakin pecah suara yang dihasilkan. Selanjutnya, lakukan pengecekan wifi dengan mematikan dan menyalakannya kembali. Konektifitas komputer  bisa dikatakan masih memiliki kondisi yang baik bila bisa langsung menangkap sinyal wifi.

 

Periksa Hard Disk (HDD) di komputer yang Anda pilih. Hard disk menjadi salah satu komponen penting pada perangkat komputer, laptop, maupun netbook. Periksa kerusakan HDD seperti sulit atau bahkan tidak terbaca. Hindari kerugian dengan mengecek kualitas baterai komputer. Jika baterai komputer cepat habis, charger tidak berfungsi tentunya akan menurunkan harga jual komputer itu.

 

5. Lakukan Promosi 

 

Sumber Foto: progresstech.co.id

Setelah Anda berhasil memilih komputer bekas dengan kondisi dan kualitas yang baik, Anda bisa memulai bisnis dengan melakukan promosi melalui media sosial atau website dengan mengisi konten menarik terkait bisnis Anda. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan eksistensi dan menjangkau konsumen Anda lebih luas lagi. Anda bisa memanfaatkan jual beli melalui market place atau online shop bisnis Anda.

 

Baca Juga : Tips Ampuh Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *