Tips Jitu Membuka Franchise Makanan untuk Pemula

Secara umum, bisnis Franchise (waralaba) adalah usaha menjalankan bisnis yang telah memiliki brand yang terkenal. Bisnis franchise  menjadi pilihan para pengusaha karena sudah memiliki sistem yang teruji, dan tentunya bisa lebih menguntungkan. Berbagai macam bentuk franchise makanan dan minuman bisa menjadi peluang besar untuk pengusaha pemula. Memulai sebuah bisnis tentunya akan dihadapkan dengan berbagai risiko seperti kerugian. Sebelum menjalankan bisnis franchise tersebut, maka perhatikan tips jitu yang telah Kitadigi rangkum sebagai berikut.

 

1. Teliti Memilih Franchise

 

Tips Jitu Membuka Franchise Makanan untuk Pemula
Sumber Foto: bisnismuda.id

Tips pertama adalah pilih waralaba yang sudah lebih dahulu terkenal di kalangan publik. Hal itu menjadi bukti bahwa makanan dan pelayanan yang disediakan sudah menjadi kegemaran banyak orang. Pastikan waralaba yang Anda pilih juga memiliki reputasi baik dan tidak pernah terkena kasus.

 

2. Susun Perencanaan

 

Tips Jitu Membuka Franchise Makanan untuk Pemula
Sumber Foto: proxsisgroup.com

Buat perencanaan yang matang terlebih dahulu sebelum memulai usaha. Memulai bisnis franchise tidak hanya membutuhkan modal awal, tapi juga biaya operasional. Gunakan aplikasi akuntansi agar Anda bisa mengontrol pemasukan dan pengeluaran bisnis anda.

Bisnis franchise juga tidak bisa dikerjakan sendiri, Anda perlu merencanakan pengangkatan pegawai. Pastikan Anda memilih karyawan yang berkualitas dan bisa membantu bisnis Anda meraih kesuksesan.

 

3. Sesuaikan Dengan Budget

 

Tips Jitu Membuka Franchise Makanan untuk Pemula
Sumber Foto: pointfranchise.co.uk

Hitung ulang budget yang sudah Anda kumpulkan, setelah itu tentukan franchise yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Agar bisnis Anda terhindar dati utang yang menumpuk, pilihlah franchise yang pas dengan modal yang Anda punya. Cermat dalam mengelola keuangan, sehingga Anda bisa balik modal, bahkan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

 

4. Pelajari Ketentuan Kerja sama

 

Sumber Foto: majalahfranchise.com

Tak bisa dipungkiri, memang banyak perusahaan yang ingin bekerja sama dengan franchiser untuk menggarap keuntungan lebih dan semakin dikenal publik. Tapi sebagai franchiser Anda tidak boleh asal menyetujui kontrak. Pahami dan teliti membaca syarat dan ketentuan yang ditawarkan seperti royalti, fasilitas, jangka waktu kerja sama, dan poin penting lainnya.

 

Baca Juga : Ingin Bisnis Event Organizer? Cek Tips Ampuh ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *