Tips Jitu Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis UKM

Bisnis UKM kini semakin banyak diminati masyarakat. Tak sedikit orang-orang yang mulai membangun usaha sendiri untuk menciptakan sumber pendapatan. Banyaknya pesaing di sektor usaha yang sama, mendorong para pengusaha untuk menentukan strategi pemasaran sematang mungkin. Ketika terjun di dunia bisnis, salah satu kunci keberhasilan bisnis UKM pun ditentukan dari target pasar yang tepat. Bagaimana menentukan target pasar tepat sasaran? Simak ulasan berikut ini.

 

1. Ketahui Siapa Konsumen Anda

 

Tips Jitu Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis UKM
Sumber Foto: harmony.co.id

Ketika Anda sudah memiliki ide produk yang akan dipasarkan, kini satnya melakukan segmentasi atau pengelompokkan. Ada tiga segmentasi yang bisa memudahkan Anda menentukan target pasar, yaitu segmentasi Demografik, Geografi, dan Psikologi.

 

Demografi merupakan hal mendasar dan terpenting dalam pembuatan target pasar. Pengelompokkan demografik dilihat berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan. Dari pengelompokkan itu, Anda bisa mengetahui apakah produk yang ditawarkan cocok dengan klasifikasi tersebut.

 

Selanjutnya segmentasi Geografis, pengelompokkan berdasarkan lokasi atau wilayah ini meliputi lingkungan, kode pos, kode area, kota, provinsi, dan wilayah. Segmentasi berikut bertujuan untuk mengetahui kebutuhan para target pasar di setiap wilayah, yang memiliki kebutuhan berbeda sehingga bisa dicocokkan dengan produk yang Anda tawarkan.

 

Segmentasi Psikologi berkaitan dengan kedua aspek sebelumnya. Segmentasi psikologi membagi target pasar berdasarkan kelas ekonomi konsumen, dan cerminan preferensi gaya hidup. Pengelompokkan ini dibagi berdasarkan tingkat pendidikan, pendapatan, jenis pekerjaan, dan klasifikasi gaya hidup meliputi nilai, kepercayaan, dan minat.

 

2. Identifikasi Kebutuhan Pasar

 

Tips Jitu Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis UKM
Sumber Foto: freepik.com

Carilah informasi sebanyak-banyaknya untuk mengetahui kebutuhan target pasar. Hal itu dilakukan untuk mampu bertahan dan menjadi pemenang di persaingan bisnis. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan terjun langsung ke lapangan seperti mengikuti bazar untuk memperkenalkan produk Anda pada publik. Perhatikan respon publik pada produk yang Anda tawarkan untuk mengenal target pasar.

 

3. Evaluasi Pasar

 

Tips Jitu Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis UKM
Sumber Foto: fireballacademy.mcmaster.ca

Setelah Anda menentukan target pasar dan mengetahui respon publik terhadap barang yang Anda tawarkan, kini saatnya melakukan evaluasi. Evaluasi kembali kebutuhan dan ketertarikan sasaran Anda terhadap produk Anda. Jangan sampai bisnis Anda gulung tikar karena salah menentukan target pasar.

 

4. Strategi Pemasaran

 

Sumber Foto: pngtree.com

Tentunya setiap konsumen memiliki karakteristik berbeda, sehingga penyesuaian strategi pemasaran pun perlu dilakukan. Bila Anda menjual produk untuk kelompok usia 17 hingga 30 tahun yang tinggal di perkotaan, maka  pemasaran yang bisa Anda pilih ialah dengan menggunakan media sosial.

 

Bila sasaran yang ada pilih adalah kelompok usia 40 tahun ke atas, kemungkinan pendekatan melalui media sosial tidak akan terlalu signifikan dibandingkan dengan kelompok usia di bawah 40 tahun. Untuk usia di atas 40 tahun, Anda bisa melakukan pendekatan konservatif seperti kelompok pengajian, arisan, penawaran dari pintu ke pintu, dan lain sebagainya.

 

5. Analisa Respon Pasar

 

Sumber Foto: vecteezy.com

Lakukan evaluasi respon pasar terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Perhatikan apakah strategi yang sudah Anda terapkan berjalan secara efektif atau tidak. Tetapkan jangka waktu tertentu untuk melihat perkembang bisnis yang dijalankan, seperti melakukan evaluasi 1 bulan sekali agar lebih efektif.

 

Baca Juga : Ingin Cuan? Ikuti Tips Sukses Menjalankan Bisnis Thrift/Preloved ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *