Tips Jitu Meningkatkan Nilai Brand Bisnis

Brand atau merek bukan sekadar logo atau nama perusahaan, melainkan presepsi orang tentang produk dan perusahaan yang dimiliki. Brand tanpa kehadiran value tidak akan ada artinya. Untuk kelangsungan sebuah bisnis, para pengusaha UMKM perlu membangun nilai  brand. Tak hanya untuk menarik perhatian para konsumen, nilai brand mampu mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan penjualan. Simak tips berikut untuk meningkatkan nilai brand bisnis Anda.

 

1. Sesuaikan Bisnis dengan Kebutuhan Konsumen

 

Tips Jitu Meningkatkan Nilai Brand Bisnis
Sumber Foto: Jurnal.id

Menjalankan sebuah bisnis tidak lah mudah, Anda harus mampu bersaing untuk memenangkan hati konsumen. Naikan nilai brand Anda dengan melakukan riset untuk mengetahui tren yang sedang menjadi perbincangan publik. Pahami kebutuhan dan keinginan konsumen agar produk dan jasa yang Anda tawarkan lebih dikenal, sehingga daya saing tidak kalah dengan produk dari toko lain.

 

2. Lakukan Inovasi Bisnis

 

Tips Jitu Meningkatkan Nilai Brand Bisnis
Sumber Foto: Kompas.com

Menangkan persaingan bisnis yang ketat ini dengan terus berinovasi. Inovasi menjadi kunci penting bagi sebuah brand agar dapat bertahan dan terus berkembang. Ciptakan produk yang memiliki nilai tambah, baik dalam bentuk produk fisik maupun layanan dan sesuai dengan minat, serta kebutuhan masyarakat.  Anda bisa memberikan nilai tambah brand anda dengan memberikan produk dengan fitur terbaik, kualitas, bonus produk untuk pembelian tertentu, diskon untuk pelanggan, dan lain sebagainya.

 

3. Susun Strategi Tepat

 

Tips Jitu Meningkatkan Nilai Brand Bisnis
Sumber Foto: 8thinktank.co.id

Tentukan strategi komunikasi yang matang dan tepat sasaran. Komunikasi bisnis ini sangat penting dilakukan untuk kelangsungan bisnis Anda. Susunlah strategi komunikasi yang sesuai dengan core value dari brand Anda. Gunakan kreativitas Anda dalam mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan dengan baik ke masyarakat luas.

 

Dengan zaman serba digital ini, perluas channel penjualan Anda ke ranah online. Manfaatkan teknologi informasi yang ada saat ini untuk melakukan promosi. Anda bisa melakukan promosi konten marketing dengan website atau media sosial. Buatlah konten yang berkualitas secara teratur, jangan hanya membuat konten berisikan produk saja tapi juga yang memiliki nilai edukasi atau nilai apapun yang bisa meningkatkan citra positif brand Anda. Kemas produk secara menarik agar brand anda diakui oleh masyarakat.

 

Baca Juga: Ingin Cuan di E-commerce? Hindari 5 Kesalahan Bisnis Ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *