Tips Jitu Usaha Digital Printing Bagi Pemula

Seiring perkembangan teknologi dan informasi, kini bisnis percetakan tidak lagi dilakukan secara manual, melainkan digital. Bisnis percetakan yang dinamakan digital printing ini merupakan bisnis yang terus mengalami perkembangan signifikan mengikuti kelajuan teknologi informasi. Mesin cetak modern pada digital printing dapat mencetak ribuan media hanya dengan waktu singkat. Produk yang dihasilkan dari digital printing diantaranya seperti kaos, stiker, souvenir, kartu undangan, kartu nama, spanduk, dan lainnya. Ya, digital printing menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dan tak sepi peminat, khususnya di perkotaan  yang sering mengadakan promosi penjualan, acara, dan pameran. Tertarik terjun di usaha digital printing? Kitadigi siapkan tips jitu berikut agar sukses memulai bisnis ini!

 

1. Siapa Sasaranmu?

 

Tips Jitu Usaha Digital Printing Bagi Pemula
Sumber Foto: lingy.pro

Beberapa opsi digital printing bisa dipilih untuk menentukan target pasar Anda. Siapa yang menjadi fokus Anda, klien perusahaan (corporate), retail, atau custom personal? Bidik target pasar Anda secara spesifik. Perlu Anda ingat, masing-masing opsi memiliki plus dan minus

Klien corporate biasanya memesan dalam jumlah besar, pembayaran lebih lama,  proses pemesanan lebih rumit, dan menuntut ketepatan waktu serta kualitas yang baik. Klien retail  biasanya memesan dalam jumlah yang lebih kecil, lebih  rumit karena permintaan yang variatif, tetapi pembayaran cepat dan kontan menjadi keunggulan klien retail. Untuk klien custom personal biasanya memesan satuan tetapi lebih santai. Tentukan permainan pasar Low Price  atau Premium Price yang berkaitan dengan servis layanan, kualitas produksi, dan ketepatan waktu.

 

2. Siapkan Budget

 

Tips Jitu Usaha Digital Printing Bagi Pemula
Sumber Foto: procurement-academy.com

Tidak sedikit modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis digital printing ini. Anda perlu menyiapkan komputer dengan kualitas memadai. Menyiapkan mesin digital printing dengan harga yang cukup tinggi,  AC dan  perangkat elektronik lainnya yang dibutuhkan. Anda juga harus menyiapkan biaya uang sewa tempat bisnis Anda. Tidak berhenti sampai situ, Anda juga harus mempertimbangkan biaya operasional bahan baku untuk mencetak produk digital, mulai dari tinta, media yang digunakan, sampai aksesori. Hitung modal dan dana lain yang dibutuhkan oleh bisnis Anda secara terperinci.

 

3. Lokasi Strategis & Utamakan Kenyaman

 

Tips Jitu Usaha Digital Printing Bagi Pemula
Sumber Foto: bisnisukm.com

Usahakan mencari lokasi yang mudah dijangkau, khususunya oleh pengguna jasa digital printing Anda. Mesin cetak membutuhkan ruangan yang cukup luas, buatlah tempat digital printing Anda senyaman mungkin. Agar mesin berjalan dengan baik dan lancar, pastikan ruangan dingin dan tidak lembab. Gunakan AC dengan suhu 20°C – 25°C dan kelembaban 40 – 60 RH. Selain untuk kepentingan mesin, AC juga bisa membuat nyaman para karyawan dan pelanggan yang sedang menunggu ketika cuaca sedang terik. Usahakan menyediakan tempat parkir untuk pelanggan Anda yang membawa kendaraan pribadi.

 

4. Mencari Karyawan Berkualitas

 

Sumber Foto: sleekr.co

Menjalankan bisnis dengan proses yang cukup rumit dan membutuhkan ketepatan waktu, Anda bisa mempertimbangkan mencari karyawan untuk meringankan beban Anda.  Tidak boleh asal mempekerjakan karyawan, Anda harus mencari karyawan yang bisa mengoperasikan perangkat komputer dan mesin digital printing. Dengan mempekerjakan karyawan Anda harus bertanggung jawab sebagai pemberi kerja, yaitu memberikan upah dan faslitas lainnya.

 

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Digital Printing yang Bisa Menghasilkan Cuan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *