Tips Jitu yang Perlu UKM Pahami untuk Meningkatkan Penjualan

Siapa yang tidak ingin mempunyai bisnis dengan omset penjualan yang tinggi? Pengusaha bisnis pasti ingin memiliki omset penjualan dan keuntungan yang tinggi setiap bulannya. Untuk meningkatkan omset penjualan tidaklah mudah, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini.  Berbagai cara dilakukan pebisnis untuk mencapai omset yang telah ditargetkan. Lantas, bagaimana cara meningkatkan penjualan yang perlu UKM pahami? Simak tips berikut.

 

1. Kenali Target Pasar

 

Tips Jitu yang Perlu UKM Pahami untuk Meningkatkan Penjualan
Sumber Foto: markbro.com

Kenali identitas yang akan menjadi target Anda. Cari tahu apa yang  hits dan ramai dibincangkan oleh publik. Dengan mengetahui produk yang dibutuhkan di kalangan pelanggan, Anda bisa menentukan produk atau jasa apa yang dibutuhkan oleh pelanggan tapi belum bisa dipenuhi oleh kompetitor Anda. Cari tahu kelemahan kompetitor dan ciptakan produk yang mampu menjawa kebutuhan konsumen.

 

2. Perhatikan Kualitas Produk

 

Tips Jitu yang Perlu UKM Pahami untuk Meningkatkan Penjualan
Sumber Foto: superapp.id

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan penjualan adalah memperhatikan kualitas dan keunggulan produk yang Anda miliki. Perhatikan penampilan produk yang tawarkan, dari segi harga, warna, bentuk, tekstur, estetika, dan fitur yang membuat produk Anda  berbeda dengan para kompetitor. Dalam memilih suatu produk, pelanggan sangat memperhatikan detail semacam ini. Sebagian pelanggan tertarik melihat produk dengan warna yang eye catchy atau lain daripada yang lain. Seimbangkan penampilan produk Anda dengan kualitas baik, pastikan pelanggan tidak beralih ke kompetitor Anda.

 

3. Pahami Strategi Pemasaran 4P

 

Tips Jitu yang Perlu UKM Pahami untuk Meningkatkan Penjualan
Sumber Foto: cermati.com

Strategi pemasaran yang tepat penting untuk membawa bisnis Anda ke arah kesuksesan. Pahami elemen pemasaran Product, Price, Place, dan Promotion. Product atau produk, UKM harus bisa menentukan produk yang menjadi andalan atau ciri khas dan cara untuk mengembangkan produk andalannya itu. Price atau harga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pemasaran. Tinggi rendahnya harga menjadi pertimbangan para pelanggan untuk membeli suatu produk atau menggunakan jasa. Place atau lokasi usaha yaitu teknik pemasaran dengan tujuan penempatan lokasi.  Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih maka semakin tinggi pula tingkat penjualan. Sebaliknya, bila lokasi kurang strategis maka penjualan pun akan terhambat. Promotion atau promosi bertujuan untuk memberikan penawaran khusus untuk para calon pelanggan. Strategi promosi sering digunakan dalam pemasaran untuk meningkatkan permintaan penjualan barang dan jasa yang ditawarkan.

 

4. Ekspansi Bisnis Dengan Strategi Digital Marketing

 

Sumber Foto: porinto.com

Untuk meningkatkan omset bisnis setiap bulannya, lakukan ekspansi atau perluas bisnis Anda dengan digital marketing. Menjalankan bisnis secara offline akan lebih sulit meiningkatkan penjualan, karena target pasar tidak seluas penjualan online. Gunakan strategi Social Media Marketing dalam Digital Marketing dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, facebook, Instagram Ads, Facebook Ads, Google Ads, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan strategi tersebut, peluang meningkatkan penjualan semakin mudah.

 

5. Membangun Koneksi Dengan Pelanggan

 

Sumber Foto: beprime.it

Kunci keberhasilan suatu bisnis adalah kepercayaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Selain memberi tahu pelanggan tentang bisnis Anda, mulailah melakukan percakapan untuk membangun sebuah relasi. Gunakan media sosial seperti Instagram dengan membuat cerita (Insta Story) menggunakan Q&A, Polling, dan lain sebagainya. Cari tahu apa yang  menjadi kebutuhan pelanggan  dan tunjukkan kepada mereka bahwa bisnis Anda memiliki solusi untuk memecahkan masalah mereka. Tingkatkan minat pelanggan Anda dengan memberikan diskon.

 

Baca Juga: Cara Lengkap Membuat Surat Izin Usaha untuk UMKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *