Tips Membangun Manajemen Keuangan UMKM Dijamin Sukses

Sebelum memulai usaha mikro kecil menengah (UMKM), ada hal penting yang perlu Anda perhatikan dan tangani seperti mengatur manajemen keuangan untuk UMKM. Manajemen keuangan yang baik sangat penting agar bisa mempertahankan usaha dari kondisi ekonomi yang tidak stabil dan persaingan bisnis. Kali ini Kitadigi akan memberikan tips untuk memaksimalkan cara membangun Manajemen Keuangan yang baik bagi UMKM. Yuk simak ulasannya

Tips Membangun Manajemen Keuangan UMKM

 

1. Menghindari Cicilan Mahal

 

tips manajemen keuangan umkm
Sumber Foto : kompas.com

Penggunaan dana yang optimal adalah kunci kesuksesan sebuah usaha. Dalam periode pertumbuhan usaha, biaya cicilan Anda sangat berpengaruh secara signifikan. Jangan sampai pengeluaran Anda menjadi membengkak karena harus melunasi pokok dan bunga utang Anda.

Sebisa mungkin hindari pinjaman yang mempunyai nilai pokok mahal dan berbunga tinggi untuk menghindari kemungkinan gagal bayar.  Anda harus memiliki tujuan pemakaian keuangan usaha dengan menekan pengeluaran dan meraih profitabilitas lebih awal.

 

2. Merencanakan Anggaran Biaya

 

tips manajemen keuangan umkm
Sumber Foto : pikiran-rakyat.com

Anda bisa membuat anggaran selama periode satu tahun untuk pengeluaran besar seperti sewa, penggajian, pajak, bunga, harga pokok penjualan, utang, utilitas, dan biaya operasional lainnya. Hal ini akan sangat membantu Anda mengurangi beban keuangan. Anda juga bisa memastikan posisi arus kas agar tetap kuat bahkan di waktu pendapatan usaha Anda sedang menurun.

 

3. Memantau & Evaluasi Keuangan Usaha

 

tips manajemen keuangan umkm
Sumber Foto : kompas.com

 

Memantau dan melakukan evaluasi akan membantu Anda dalam menentukan berapa banyak dana usaha yang nantinya akan dialokasikan untuk kemajuan usaha Anda.

 

Meskipun hal ini termasuk kegiatan yang sulit dilakukan secara konsisten, Anda harus mengetahui setiap uang yang digunakan dan diterima dari transaksi bisnis Anda dan melacak semua pergerakan modal Anda secara teratur. Untuk itu, Anda harus mempunyai Laporan keuangan usaha Anda.

4. Pisahkan Keuangan Pribadi & Keuangan Usaha

 

tips manajemen keuangan umkm
Sumber Foto : banksinarmas.com

 

Membuka rekening bank komersial bagi usaha Anda adalah hal penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Rekening pribadi dan bisnis haruslah dipisah. Hal ini akan memberikan Anda penghitungan yang lebih mudah dan tepat pada akhir tahun keuangan. Manfaat lainnya adalah mampu menghilangkan situasi krisis uang kas dalam usaha yang disebabkan karena penarikan untuk pengeluaran pribadi.

 

5. Bernegosiasi dengan Supplier untuk Dapat Harga Lebih murah

 

Sumber Foto : ppid.depkop.go.id

 

Bernegosiasi dengan supplier dan meminta penawaran terbaik adalah suatu keputusan yang baik untuk Manajemen Keuangan UMKM Anda. Banyak supplier yang bisa memberikan diskon terhadap pembelian dengan kuantitas besar dan pelunasan pembelian sebelum tiga puluh hari. Hal ini akan membantu Anda untuk menekan pengeluaran terhadap pembelian persediaan usaha Anda.

 

6. Invest Software Akutansi

 

Sumber Foto : ameera.co.id

 

Usaha yang Anda jalankan saat ini tak menutup kemungkinan akan semakin maju dan besar. Nantinya Anda akan dipusingkan dengan urusan pencatatan keuangan, transaksi dan lain- lain. Jika menggunakan software seperti aplikasi kasir kita, Anda bisa mengelola keuangan bisnis lebih mudah, mulai dari memonitor kondisi keuangan, mengelola stok barang, aset perusahaan, tagihan, penjualan, membayar pajak, dan masih banyak lagi.

 

Itulah tips membangun manajemen keuangan bagi para pelaku UMKM, yang bisa mitra Kitadigi coba terapkan. Semoga sukses

 

Baca juga : Cara Mudah Mengelola Stok Barang Agar Bisnis Lebih Cepat Maju

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *