Tips Lengkap Membuka Kedai Kopi Dengan Modal 16 Jutaan

Kedai kopi di Indonesia setiap tahun semakin mengalami pertumbuhan. Hal ini tak lepas dari perkembangan gaya hidup modern saat ini. Sehingga kedai kopi mulai menjamur di nusantara karena hingga saat ini peluang bisnis kedai kopi masih sangat potensial. Bagi Anda yang berminat memulai bisnis ini, tidak ada salahnya intip beberapa tips membuka kedai kopi yang akan kami bagikan dalam artikel ini.  

 

Alasan Kenapa Membuka Usaha Kedai Kopi Menjanjikan

 

1. Proses Produksinya Mudah 

 

Proses produksi secangkir kopi terbilang mudah dan cepat, Anda pun sebenarnya bisa melakukannya sendiri. Tidak seperti bisnis makanan yang harus melalui berbagai macam proses untuk bisa menjadi hidangan. Membuat secangkir kopi cukup mudah karena sudah tersedia bahan baku berbentuk bubuk dan siap seduh. 

 

2. Cuma Butuh Menu Sederhana 

 

Sebagai kedai kopi, tentu menu utamanya adalah aneka olahan kopi, seperti kopi hitam, cappucino, hingga kopi susu kekinian. Sementara itu Anda juga perlu menambahkan menu pelengkap lainnya seperti roti bakar, pisang bakar, singkong, sampai kentang goreng. 

 

3. Pangsa Pasarnya Luas 

 

Kopi adalah minuman yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Mulai dari kalangan menengah ke bawah, kaum kaya raya, anak muda, sampai orang dewasa, semua bisa dengan bebas menikmati kopi. 

 

Artinya, pangsa pasar dari produk kopi sangatlah luas. Ditambah lagi kini kopi sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat. Maka dari itu bisnis kedai kopi berpotensi meraup untung besar. 

 

4. Omzet yang Menjanjikan 

 

Bisnis kopi bukanlah usaha musiman yang bisa redup sewaktu-waktu, tapi bisnis ini gak ada matinya, justru terus tumbuh setiap tahunnya. Inilah yang membuat bisnis kopi bisa menjanjikan keuntungan setiap harinya. 

Banyak kisah sukses, pemilik usaha kopi yang meraup kesuksesan mulai dari jutaan sampai puluhan juta rupiah per bulannya. 

 

5. Sederhana 

 

Membuka kedai kopi tidak perlu diawali dengan tempat yang luas dan mewah. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah bahkan garasi untuk disulap menjadi kedai yang menarik. Bahkan banyak kedai-kedai kopi yang hanya bermodalkan gerobak hingga food truck.  Keuntungan yang didapat juga tidak kalah menggiurkan dari bisnis kedai-kedai kopi mewah. 

 

Baca juga: Intip Rahasia Sukses 3 Pengusaha Minuman Kopi Kekinian Indonesia

 

Hal-hal yang perlu dipersiapkan saat membuka kedai kopi

 

1. Modal 

 

Pertama, siapkan modal usahanya. Anda bisa mendapatkan modal dari tabungan atau mengajukan pinjaman. Jika memutuskan untuk mengajukan kredit, pastikan Anda sanggup membayar cicilannya. Perhitungkan baik-baik besaran pengeluaran dan pendapatan.

 

Berikut ini estimasi modal yang Anda butuhkan untuk membuka kedai kopi sederhana, dengan peralatan penyeduh manual. 

Peralatan 

 

Modal awal usaha Harga 
Moka pot  Rp 100.000
Syphon Rp 850.000
V60 Rp 100.000
Vietnam drip  Rp 130.000
French press Rp 80.000
Milk jug  Rp 100.000
Grinder listrik  Rp 400.000
Ketel Rp 280.000
Mini burner Rp 85.000
Milk frother Rp 100.000
Total Rp 2.225.000

Perlengkapan 

 

Modal awal usaha  Harga 
Meja barista  Rp 2.000.000
Meja kursi sederhana Rp 750.000
Rak kayu Rp 200.000
kulkas Rp 1.000.000
Biji kopi, susu, dan bahan makanan Rp 1.500.000
Total  Rp 5.450.000

Biaya lain-lain 

 

Modal awal usaha Harga
Gaji barista (part time) Rp 3.000.000
Sewa tempat dan renovasi  Rp 5.000.000
Bayar retribusi  Rp 150.000
Listrik  Rp 300.000
Total  Rp 8.450.000

Jika dihitung Total keseluruhan biaya adalah sekitar 16 Juta rupiah. Cukup hemat bukan?

 

2. Lokasi 

 

Kedua, perhatikan lokasi kedai, karena percayalah lokasi juga menentukan keberhasilan. Kalau bisa, bukalah kedai di pusat keramaian, seperti kawasan wisata, tengah kota, atau daerah perkantoran. Tetapi Anda juga perlu memperhatikan budget yang ada. 

 

3. Perlengkapan dan Peralatan 

 

Setelah mendapatkan lokasi, jangan lupa membeli perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Seperti misalnya, meja dan kursi, alat atau mesin pembuat kopi, mesin kasir, dan lain-lain.  

 

Perlengkapan dan peralatan harus disesuaikan dengan konsep kedai Anda nantinya. Untuk menghemat anggaran biaya, buatlah konsep kedai sederhana. Kedai sederhana tidak memerlukan banyak meja dan kursi serta peralatan yang canggih. Anda masih bisa berjualan minuman kopi dengan alat manual.  

 

4. Konsep Kedai 

 

Salah satu cara agar bisa bersaing di pasar adalah saling beradu konsep. Cobalah mempersiapkan rancangan konsep kedai yang akan bangun. Cara mudah menemukan ide tentang konsep kedai Anda nantinya adalah dengan mencarinya di internet. Ada banyak referensi konsep kedai yang bisa Anda temukan. Dari situ Anda bisa menambahkan sedikit modifikasi pada kedai Anda. 

 

Perhatikan pula bagaimana pangsa pasar Anda dan sesuaikan dengan lokasi kedai Anda. Desain dan arsitektur yang unik tentu akan menarik perhatian calon pelanggan Anda. Sekedar tips, tidak ada salahnya Anda membuat kedai yang instagramable. Agar pelanggan Anda tertarik untuk swafoto dan mengunggahnya di media sosial. Secara tidak langsung Anda sudah mempromosikan kedai Anda melalui pelanggan. Menarik bukan? 

 

5. Mencari pemasok biji kopi 

 

Indonesia dikenal dengan kualitas biji kopi yang sudah diakui dunia. Banyak distributor yang menjajakan biji kopi berkualitas. Anda hanya perlu pandai-pandai memilih distributor yang menjual biji kopi dengan harga murah namun berkualitas baik. Hal ini penting sekali untuk menekan biaya produksi.

 

Baca juga: Bisnis Kopi Salak, Sajian Antimainstream yang Bisa Jadi Ladang Cuan

 

6. Merekrut karyawan 

 

Anda mungkin bisa saja menjalankan kedai sendirian, tapi alangkah lebih baiknya merekrut seorang karyawan, khususnya seorang barista. Barista adalah profesi yang bertugas untuk membuat kopi. 

 

Bisa dikatakan, barista merupakan sosok yang paling berpengaruh dalam kualitas produk kopi yang disajikan. Beruntung sekali jika Anda dapat menemukan barista yang sudah berpengalaman, tentunya bisnis Anda semakin melaju dengan pesat.

 

Tips Membuka Kedai Kopi

 

Dalam membangun sebuah kedai kopi, tentunya Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar proses bisnis bisa berjalan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips lain membuka kedai kopi yang bisa Anda gunakan:

 

          Siapkan SDM yang kompeten

          Jaga kualitas produk

          Dengarkan saran dan keluhan dari pelanggan

          Buat nama atau logo yang menarik

          Cari bahan baku termurah

          Berikan promo diskon atau cashback

 

Itulah beberapa tips umum yang bisa bikin bisnis Anda makin cuan. Bagi Anda yang enggan membangun bisnis ini dari nol, franchise bisa menjadi alternatif bagi Anda yang punya banyak modal.  

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *