Tips Memilih Aplikasi POS untuk Bantu Usaha Anda

Dibawah ini kita akan membahas sesuatu yang penting untuk anda para pelaku usaha. Yaitu bagaimana tips memilih aplikasi POS (Point of Sale). Jika anda yang belum mengetahui apa itu POS dan fungsinya, bisa kunjungi artikel kami yang membahas fungsi Point of Sale.

 

Ada beberapa tips untuk anda yang ingin mencari atau menggunakan layanan aplikasi POS :

 

1. Harga dan Fitur yang Sesuai Kebutuhan

 

Tips Memilih Aplikasi POS
Sumber Foto : paper.id

 

Untuk mencari aplikasi POS, pastikan anda mengetahui apa kebutuhan anda dan bisnis anda. Jika sedang merintis, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan operasional anda. 

 

Kenapa demikian ? karna pastinya berbeda dengan restoran yang sudah besar. Dimana mereka memiliki fitur yang jauh lebih lengkap, untuk memonitoring karyawan dan laporan lainnya. 

 

2. Perangkat Pendukung

 

Tips Memilih Aplikasi POS
Sumber Foto : id.android-possystem.com

 

Selain harga dan fitur yang diseuaikan, pastinya perangkat atau hardware juga harus disesuaikan dengan budget anda. Contoh saja, kedai kopi yang kecil cukup menggunakan POS dengan tablet atau disebut mPOS dan dilengkapi printer struk.

 

3. Pantau Stok Barang

 

Tips Memilih Aplikasi POS
Sumber Foto : paper.id

 

Ketika stok barang sudah banyak dan memerlukan pencatatan yang lebih detail, pastikan anda gunakan aplikasi POS, karna manfaat POS salah satunya adalah dapat melakukan pencatatan pada setiap barang atau bahan baku yang anda miliki. 

 

4. Laporan Penjualan yang Lengkap

 

Tips Memilih Aplikasi POS
Sumber Foto : talenta.co

 

Salah satu alasan banyak pengusaha akhirnya menggunakan aplikasi POS, karna fitur didalamnya dapat melakukan pencatatan laporan yang lengkap, mulai dari penjualan setiap hari, perminggu dan perbulan nya. 

 

Baca juga : 7 Manfaat POS Bagi UMKM yang Ingin Go Digital

 

5. Sangat Mudah Digunakan

 

Sumber Foto : kumparan.com

 

Menggunakan aplikasi POS di toko anda, dapat digunakan karyawan anda. Dan tidak memerlukan training khusus. Karena aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk mereka yang belum pernah mencobanya. Cukup mengerti cara kerja komputer saja.

 

Karena dengan bantuan tampilan yang lebih bersahabat, dengan bahasa Indonesia yang lebih ramah, semua orang bisa menggunakannya. 

 

6. Didukung Teknis Penyedia

 

Sumber Foto : golife.id

 

Memilih layanan POS, pastikan layanan yang anda pakai harus siap membantu dalam waktu 24 jam. Karena jika ada kendala teknis yang terjadi ketika transaksi, harus cepat diselesaikan. 

 

Dengan dukungan teknis yang responnya cepat, pastinya menambah ulasan positif untuk penyedianya juga. Dan pengguna aplikasi POS tidak merasa dirugikan karena telah menggunakan layanannya.

 

7. Bisa Diakses Secara Online

 

Sumber Foto : jurnal.id

 

Melakukan transaksi atau aktivitas di aplikasi POS, dapat dilakukan secara online dan bisa dilakukan kapanpun. Jadi anda bisa mengecek produk yang akan habis dan produk yang kurang laku. 

 

Itulah tips memilih aplikasi POS yang harus anda perhatikan sebelum membeli aplikasi kasir POS untuk keperluan usaha anda. Jika anda tertarik untuk menggunakan aplikasi POS, kami berikan gratis selama 14 hari. Klik lebih lanjut disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *