Tips Mengembangkan UMKM Agar Mampu Bersaing Dan Sukses

Pemerintah terus mendukung sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebab menyumbang pendapatan yang besar terhadap ekonomi nasional. Alasan besar inilah yang lebih dari cukup bagi pelaku UMKM untuk mencari tips mengembangkan UMKM.

 

Contoh bantuan pemerintah adalah dengan memfasilitasi kegiatan beragam komunitas yang menyasar pelakon UMKM. Sebelum membahas tips mengembangkan UMKM, kami perlu menjelaskan hambatan yang selama ini menghampiri proses usaha UMKM.

 

1. Keterbatasan modal

 

Tips Mengembangkan UMKM
Sumber Foto : fispol.com

 

Anda akan memerlukan modal untuk memulai usaha dan mengembangkannya. Keterbatasan modal dapat menghambat kemajuan suatu UMKM. Jika demikian, biasanya si pemilik usaha akan memutar omset penjualan secara langsung agar bisa melanjutkan penjualan. Sehingga, akan minim atau bahkan tidak ada sama sekali modal untuk melebarkan sayap usaha.

 

2. SDM yang kurang memadai

 

Tips Mengembangkan UMKM
Sumber Foto : folderbisnis.com

 

Modal yang cukup akan percuma jika tidak didukung oleh Sumber Daya Manusia atau SDM yang cakap. Dengan SDM yang terampil dan kompeten di bidangnya, Anda bisa menjalankan usaha dengan lebih baik. Kinerja SDM tersebut dapat menghasilkan produk atau jasa yang memuaskan bagi pelanggan.

 

3. Strategi yang kurang optimal

 

Tips Mengembangkan UMKM
Sumber Foto : seoanaksholeh.com

 

Pembuatan strategi yang matang akan menjadikan usaha Anda sukses. Perencanaan usaha yang optimal akan mendukung kelancaran bisnis mulai dari nol hingga berkembang pesat. Strategi dapat dikatakan sebagai jalur baik dimana pelakon usaha dapat terus menganalisa perkembangan usaha sesuai dengannya.

 

4. Kurang memperhatikan target pasar

 

Tips Mengembangkan UMKM
Sumber Foto : xendit.co

 

Target pasar mencakup segmentasi, potensi, kompetitor hingga bahan baku yang tersedia. Analisa yang lengkap dan terperinci atas kesemuanya berpotensi mendukung bisnis sehingga lebih besar dan meluas.

 

Baca juga : Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bagi UMKM Tahun Ini

 

Setelah mengetahui tantangan di atas, berikut tips mengembangkan UMKM:

 

1. Menentukan produk yang pas

 

Setelah mengetahui target pasarnya, Anda bisa dengan lebih mudah menetapkan produk yang sesuai permintaan calon konsumen. Buatlah produk yang inovatif dan unik sehingga bisa dengan cepat menggaet minat masyarakat. Semakin kreatif, semakin besar potensi produk Anda melampaui pesaing pada bidang yang sama.

 

2. Membuat harga yang kompetitif

 

Harga yang bersaing membutuhkan analisa menyeluruh, yang mencakup banyak faktor. Di antaranya adalah harga bahan baku, biaya produksi, biaya listrik dan beban lainnya. Jangan lupa untuk mengetahui harga dari kompetitor.

 

3. Memilih lokasi usaha yang strategis

 

Setelahnya, carilah lokasi berjualan yang strategis. Pilihlah tempat yang mudah ditemukan oleh publik. Sebagai contoh, berada di tengah keramaian, fasilitas publik, kantor, sekolah, hingga pasar. Calon konsumen akan dengan mudah menemukan usaha Anda sehingga akan membantu dalam meningkatkan penjualan.

 

4. Mempromosikan produk sesuai perkembangan zaman

 

Untuk saat ini, susah menghindari cara promosi melalui media sosial dan marketplace. Kedua platform ini paling mudah dan murah menggapai masyarakat. Jemput bolalah melalui keduanya agar publik secara cepat mengenal brand Anda.

 

5. Memiliki laporan penjualan yang baik

 

Laporan penjualan yang baik bisa membantu mengamati perkembangan bisnis Anda setiap waktu. Agar memudahkan Anda mendapatkan laporan yang lengkap dan detail, Anda bisa menggunakan sistem kasir POS ( Point of Sales ). Kelebihan sistem kasir ini adalah Anda bisa  mendapatkan laporan penjualan secara online dan real-time.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *