Tips Ampuh Agar UMKM Go Online Sukses

Di Indonesia terdapat sekitar 64 juta. Namun dari jumlah itu, persentase UMKM yang sudah go online baru sekitar 15%, atau hanya 9,4 juta. Melihat hal, tentu sangat disayangkan karena ada banyak peluang yang bisa diperoleh UMKM melalui platform digital. Salah satunya adalah jangkauan konsumen yang lebih luas. Terlebih lagi, peluang ini semakin meningkat sejak pandemi COVID-19. Jumlah transaksi online tercatat meningkat sampai 400%. Tren tersebut diprediksi masih akan terus meningkat. Meski peluang untuk UMKM go online sangat menggiurkan, namun Anda perlu memperhatikan tips UMKM go online berikut ini.

Beberapa Tips Penting UMKM Go Online

 

1. Menciptakan Mindset untuk Go Online

 

Tips UMKM Go Online
Sumber Foto : storage.trubus.id

 

Saat ini jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 100 juta orang, dan peluang ini belum dimanfaatkan dengan baik sebagian besar UMKM. Salah satu yang menyebabkan ini adalah pemilik UMKM masih memiliki mindset konvensional, belum berpikir jauh ke depan.

 

Akibatnya, UMKM yang menganggap transformasi digital sebagai strategi bertahan jangka panjang masih sedikit. Banyak UMKM yang merasa bahwa pencapaian bisnis hari ini sudah cukup. Oleh karena itu, UMKM harus terlebih dahulu menciptakan mindset bahwa go online merupakan strategi bertahan jangka panjang agar tidak ragu memasuki ekosistem digital.

 

2. Memperluas Wawasan Pemasaran Online

 

Sumber Foto : images.squarespace-cdn.com

 

Setelah memiliki mindset yang tepat, pemilik UMKM perlu mengasah wawasan mengenai pemasaran online agar bisnis online-nya terkelola dengan baik. Ada tiga wawasan yang harus dipahami oleh UMKM, yaitu marketing, product development, serta strategi dan manajerial.

 

Saat ketiga wawasan tersebut dimiliki, UMKM akan memahami cara mengembangkan produk, memasarkannya, hingga cara mengelola bisnis dalam jangka panjang. Berbagai ilmu tersebut bisa dicari di berbagai platform pembelajaran, baik yang gratis maupun berbayar.

 

Baca juga : Tips UMKM Go Digital Agar Mampu Bersaing di Pasar Online

 

3. Membangun Jaringan Bisnis yang Solid

 

Sumber Foto : liputan6.com

 

Dalam menjalankan bisnisnya, para pemilik UMKM tentu tidak dapat bekerja sendiri dan diperlukan jaringan bisnis yang solid. Bukan hanya untuk bertukar pikiran, jaringan bisnis yang luas bisa memunculkan peluang untuk berkolaborasi. Hal ini tentu penting untuk meningkatkan kesadaran bagi pemilik UMKM yang belum akrab dengan go online. 

 

Sebagai contoh, untuk pelaku UMKM usianya sudah di atas 40 tahun, tentu sulit untuk beralih ke platform online. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan mendorong kolaborasi antara pengusaha senior tersebut dengan millennial yang lebih akrab dengan dunia digital.

4. Memiliki Website yang Mumpuni

Tips UMKM Go Online
Sumber Foto : kitadigi.com

 

Hal terakhir yang juga penting untuk dipersiapkan oleh UMKM agar sukses go online adalah website. Bagaimanapun, website bisa diandalkan untuk media pemasaran hingga transaksi penjualan. Manfaat lain dari website ini adalah menjadi alat branding, ekspansi pasar, hingga penunjang motivasi tim internal.  

 

Jadi sekarang sudah mengerti kan apa saja tips UMKM go online?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *