7 Keuntungan yang Didapat Jika UMKM Go Online

Sejak internet mengalami perkembangan pesat, pemasaran modern tidak hanya dilakukan secara offline, tapi sudah memanfaatkan ranah digital yang bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Untuk meluaskan jangkauan pemasaran tersebut, UMKM bisa menggunakan Go Online. Sangat penting bagi para pegiat bisnis UMKM melakukan langkah UMKM Go Online, karena akan ada banyak manfaat yang diperoleh.

 

Berbagai Keuntungan Saat UMKM Go Online

 

1. Menjangkau Pasar Lebih Luas

 

 

UMKM Go Online
Sumber Foto : fin.co.id

 

Keuntungan pertama yang diperoleh pelaku UMKM saat memanfaatkan ekosistem digital adalah menjangkau pasar yang lebih luas. Sebagaimana telah diketahui bahwa distribusi dan pemasaran memang menjadi kendala utama untuk bisnis kecil. Namun saat internet hadir, hal tersebut bisa diatasi.

2. Pengguna Internet yang Semakin Banyak

 

 

UMKM Go Online
Sumber Foto : finance.detik.com

 

Setelah dicetuskannya proyek Palapa Ring, pengguna internet di Indonesia terus meningkat, meski itu di daerah perbatasan. Dengan demikian, UMKM akan memiliki peluang untuk memperoleh lebih banyak pelanggan saat memanfaatkan teknologi yang ada.

3. Meminimalkan Kehilangan Pasar

 

 

UMKM Go Online
Sumber Foto : ayoyogya.com

 

Kehilangan pasar yang dimaksud di sini adalah kecenderungan orang-orang yang lebih senang dengan ekosistem digital. Kalau bisnis Anda tidak bisa menyesuaikan dengan hal tersebut, bukan tidak mungkin pelanggan Anda akan berkurang.  

 

4. UMKM Menjadi Lebih Profesional

 

 

UMKM Go Online
Sumber Foto : cdn1.katadata.co.id

 

Selain membuka peluang untuk memperoleh lebih banyak pelanggan, babak persaingan baru di ranah industri modern juga dimulai. Meski bisnis Anda masih terhitung UKM, calon pelanggan biasanya memberikan nilai lebih jika sudah ada sosial media dan website resmi. Dengan demikian, bisnis Anda semakin tampak profesional.

5. Pertumbuhan yang Lebih Cepat

 

 

Sumber Foto : cdns.klimg.com

 

Dalam bisnis digital, kecepatan penyebaran informasi bisa dikatakan menjadi kunci utama. Saat berbagai platform digital dimanfaatkan secara maksimal, akan ada semakin banyak orang yang melihat produk Anda. Dengan demikian, potensi penjualan produk juga bisa semakin besar.

6. Menghemat Biaya Operasional

 

 

Sumber Foto : img.inews.co.id

 

Biaya operasional juga bisa ditekan jika UMKM memanfaatkan platform digital. Misalnya, biaya untuk sewa kios dan pemasaran offline bisa dipangkas. Seringkali UMKM yang sudah memanfaatkan platform digital tidak harus meiliki toko fisik. Website atau platform lainnya sudah cukup untuk melakukan pemasaran hingga transaksi.

7. Budget Bisa Diatur Sesuai Kebutuhan

 

Sumber Foto : accuratebusinesscenter.com

 

 

Pemasaran digital tidak harus selalu mengeluarkan banyak uang. Bahkan bisa dikatakan budget pemasaran digital lebih transparan dibandingkan budget untuk pemasaran offline. Saat baru mulai memperkenalkan bisnis, gunakan email marketing yang memungkinkan mengirim pesan ke ribuan orang hanya dalam beberapa kali klik. Kalau Anda memanfaatkan media sosial, gunakan aplikasi yang bisa melihat seberapa efektif promosi produk Anda di media sosial.

 

Jadi, sudah siap melakukan langkah UMKM Go Online?

 

 Baca juga : Ingin Usaha Anda Sukses? Yuk Simak Cara UMKM Naik Kelas ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *