Mengapa UMKM Harus Go Digital? Ini Alasannya

Sumber Foto : mnews.co.id

 

Memasuki 2021, strategi pemasaran modern tidak terbatas pada promosi offline, tapi sudah memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Langkah seperti ini disebut dengan go online. Maksudnya, sebuah langkah memanfaatkan internet untuk memperluas jangkauan promosi. Memang kenapa sih perlu melakukan langkah UMKM Go Digital, dan apa saja keuntungannya?

 

Alasan Kenapa UMKM Harus Go Digital

 

1. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Salah satu kendala yang biasanya dihadapi oleh UMKM adalah terbatasnya sistem distribusi dan pemasaran. Namun, sekarang hal itu sebenarnya sudah bisa diatasi dengan adanya media sosial maupun website yang jangkauan pemasarannya bisa sangat luas.

 

2. Meminimalisir Kehilangan Pasar

Kehilangan pasar yang dimaksud di sini adalah kecenderungan pengguna yang nyaman menggunakan ekosistem digital. Seperti yang Anda tahu bahwa hampir segala lini sekarang beralih ke ekosistem digital, seperti jasa transportasi, transaksi, hingga berbelanja. Jika bisnis Anda tidak bisa menyesuaikan, bukan tidak mungkin pendapatan Anda bisa berkurang dari konsumen bergantung dengan ekosistem digital.

 

3. Pengguna Internet yang Semakin Banyak

Setelah proyek Palapa Ring dicetuskan, pengguna internet semakin banyak. Hal ini dikarenakan lebih banyak masyarakat di daerah perbatasan yang bisa menjangkau internet. Berbekal data ini, sangat masuk akal jika para pelaku UMKM menjangkau ranah digital.

 

4. Biaya Operasional yang Lebih Murah

Bagaimanapun, ekosistem digital bisa lebih menekan biaya operasional, seperti sewa kios, workshop, atau cara pemasaran offline lainnya. Melalui go digital, pegiat UMKM tidak harus memiliki toko fisik untuk memasarkan produk, karena bisa memanfaatkan website. Jadi biaya operasional lebih hemat, bukan? 

 

5. Pertumbuhan UMKM Lebih Cepat

Begitu cepatnya penyebaran informasi saat ini bisa menjadi kunci utama untuk menjalankan pemasaran digital pada bisnis Anda. Pemanfaatan platform digital secara maksimal bisa membuat orang yang melihat produk Anda semakin banyak, jadi potensi penjualan juga meningkat.

 

6. Budget Pemasaran Bisa Diatur secara Lebih Fleksibel

Dengan pemasaran digital, budget untuk promosi bisa lebih transparan dan akuntabel dibandingkan budget untuk metode pemasaran offline. Untuk memperkenalkan bisnis Anda, bisa digunakan email marketing yang bisa mengirim pesan langsung ke banyak orang hanya dalam beberapa kali klik. Anda bisa mengecek keefektifan promosi Anda melalui fitur analytics.

 

Sudah siapkah Anda mengambil langkah UMKM Go Digital?

 

Baca juga : Tips UMKM Go Digital Agar Mampu Bersaing di Pasar Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *