UMKM Wajib Mengetahui Istilah Digital Marketing Agar ‘Naik Kelas’

Saat ini banyak orang mulai familiar dengan istilah digital, misalnya kata e-learning yang merujuk pada pembelajaran digital. Sebagai pelaku usaha, Anda tentu harus bisa beradaptasi dengan fakta ini. Ketika bersinggungan dengan digital marketing UMKM, akan ada banyak istilah yang perlu diketahui. Apa saja itu?

 

1. Affiliate Marketing

 

UMKM Wajib Mengetahui Istilah Digital Marketing Agar 'Naik Kelas'Sumber Foto: hareerdeals.com

 

Merupakan proses saat Anda merekomendasikan produk orang lain dan memperoleh komisi atas hal yang Anda lakukan. Proses ini berpotensi menjadi passive income, bisa dilakukan meski modal kecil, dan jam kerjanya sangat fleksibel. 

 

2. Average Session Duration

 

UMKM Wajib Mengetahui Istilah Digital Marketing Agar 'Naik Kelas'Sumber Foto: humcommerce.com

 

Merupakan rata-rata waktu yang digunakan pengunjung setiap kali mengunjungi sebuah situs. Sebagai contoh, Anda memiliki situs toko baju dengan jumlah pengunjung 200 orang dan durasi seluruh pengunjung adalah 8 jam. Jadi, rata-rata kunjungannya adalah 0.04 jam atau 144 detik. 

 

3. Bounce Rate

 

Sumber Foto: sponsoredlinx.com

 

Merupakan persentase pengunjung yang keluar setelah mengunjungi halaman muka dari sebuah situs tanpa melakukan apapun. Bounce rate memiliki rentang nilai 0-100. Semakin kecil nilainya, semakin lama pengunjung mengunjungi situs Anda, dan ini hal yang bagus. 

 

4. Call to Action

 

UMKM Wajib Mengetahui Istilah Digital Marketing Agar 'Naik Kelas'Sumber Foto: wochit.com

 

Merupakan instruksi tertentu supaya pengunjung melakukan aktivitas yang nantinya bisa dikonversi.  Contoh CTA adalah adanya tombol “Beli Sekarang”, “Add to Cart”, “Subscribe Sekarang”, dan tombol lain sejenis. 

 

5. Conversion Rate

 

UMKM Wajib Mengetahui Istilah Digital Marketing Agar 'Naik Kelas'Sumber Foto: i.workana.com

 

Merupakan persentase pengunjung sebuah situs yang melakukan tindakan sesuai dengan tujuan pemasaran dari pemilik situs, misalnya transaksi, berlangganan newsletter, dan melakukan subscribe. Conversion rate biasanya dipengaruhi oleh Call to Action pada situs tersebut.

 

6. Google Analytics

 

UMKM Wajib Mengetahui Istilah Digital Marketing Agar 'Naik Kelas'Sumber Foto: wikipedia.org

 

Merupakan fasilitas gratis dari Google untuk menganalisis statistik jumlah pengunjung sebuah situs. Ada begitu banyak data yang bisa disediakan Google Analytics, misalnya jumlah pengunjung situs, efektivitas iklan AdWords, serta iklan dan kata kunci yang mengarah ke situs Anda.

 

7. Landing Page

 

UMKM Wajib Mengetahui Istilah Digital Marketing Agar 'Naik Kelas'Sumber Foto: blissbranding.com

 

Merupakan halaman yang muncul ketika pengunjung mengunjungi situs untuk pertama kali. Landing page yang baik merupakan landing page yang bisa menghasilkan memberikan konversi tinggi. Landing page tersebut biasanya memiliki karakteristik, seperti headline yang bagus, gambar sesuai, menampilkan keunggulan, formulir sederhana, dan situs tidak ‘lelet’.

 

8. Remarketing

 

Sumber Foto: i.workana.com

 

Merupakan strategi yang digunakan untuk memenuhi keinginan calon pelanggan potensial yang belum berhasil membeli pada pertemuan sebelumnya. Tujuannya adalah meningkatkan banyaknya orang yang membeli produk Anda.

 

9. Search Engine Optimization

 

Sumber Foto: mailrelay.com

 

Merupakan strategi yang digunakan untuk mengoptimasi situs supaya bisa berada di peringkat atas mesin pencarian. SEO ini digunakan untuk meningkatkan visibilitas situs. Jadi semakin tinggi visibilitasnya, peringkat yang diperoleh di mesin pencari juga semakin tinggi. 

 

10. Traffic

 

Sumber Foto: gmedia.net.id

 

Merupakan banyaknya jumlah pengunjung yang mengunjungi situs Anda. Traffic terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah direct traffic dan referral traffic. Direct traffic dihitung ketika pengunjung langsung menuliskan alamat website yang dituju. Sedangkan referral traffic dihitung ketika suatu situs diklik oleh pengunjung dari situs lainnya.

 

Sudahkah Anda mengenal semua istilah digital marketing UMKM di atas?

 

Baca Juga: Strategi Jitu Jalani Bisnis Retail dijamin Sukses

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *