Menilik Peruntungan Usaha Cokelat Pralin Rumahan Yuk Dicoba!

Coklat menjadi makanan favorit banyak kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua. Coklat juga dikenal mampu memperbaiki suasana hati seseorang yang sedang menghadapi stress atau depresi. Kudapan manis ini identik dengan sesuatu yang romantis, sehingga cocok jika diberikan kepada orang tersayang. Kini usaha coklat pralin juga sudah mulai booming

 

Usaha coklat pralin bisa menjadi pertimbangan, terlebih jika Anda ingin usaha rumahan, coklat pralin cocok menjadi pilihan Anda. Coklat pralin yang terlihat unik dengan ukurannya yang kecil serta aneka bentuk yang cantik cocok dijadikan buah tangan yang menarik di banyak kesempatan.

 

Baca juga: Intip Rahasia Sukses 3 Pengusaha Minuman Kopi Kekinian Indonesia

 

Karena ukurannya yang kecil, coklat pralin sangat cocok dijadikan sajian untuk menjamu tamu. Karena porsinya cukup untuk satu suapan, banyak juga yang menjadikannya souvenir pernikahan karena bisa disimpan dengan waktu yang lama.

 

Awal mula cokelat ini ditemukan oleh chef ternama asal Perancis yang tidak sengaja  menumpahkan caramel pada remahan almond. Seiring berjalannya waktu, kini pralin tidak hanya berisi caramel dan almond, tetapi juga aneka buah kering, aneka jenis saus buah dan kacang sampai beberapa jenis herbal dan rice crispy.

 

Untuk memulai usaha coklat pralin rumahan inipun Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, Anda hanya memerlukan bahan dan beberapa jenis cetakan coklat unik yang bisa di dapatkan di toko bahan kue, selebihnya untuk peralatan, Anda masih bisa menggunakan peralatan sederhana yang sudah tersedia di dapur seperti kompor dan panci.

 

Cara membuat coklat pralin juga tidak sulit, Anda hanya cukup mencairkan coklat hingga meleleh di dalam panci. Cara melelehkannya adalah, Anda memerlukan dua buah panci, panci pertama berukuran besar untuk wadah air, dan didalamnya taruh panci yang berukuran lebih kecil untuk wadah coklat. Lelehkan coklat dari perantara air yang direbus menggunakan panci besar tadi agar tidak gosong.

 

Setelah meleleh, tuangkan coklat ke dalam cetakan, masukan isian yang ingin digunakan di tengah cokelat lalu diamkan hingga membeku. Simpan di dalam ruang pendingin dengan wadah tertutup agar tahan lama.

 

Sebelum dijual, Anda perlu mengemas coklat pralin dalam wadah-wadah yang menarik seperti toples plastik atau kaca, wadah kaleng, jar kaca, atau keranjang yang sudah dipadu padankan dengan hiasan.

 

Cukup banyak cara untuk pemasaran coklat pralin rumahan, yang akan dibahas secara lengkap di bawah ini.

 

1. Membuka Jaringan Keagenan

 

Rekrut anggota keagenan atau jadikan orang-orang yang Anda kenal untuk menjadi agen produk Anda. Buatlah semacam katalog produk cokelat yang Anda buat dan mintalah agen tersebut menawarkan produk ke lingkungan sekitar mereka.

 

2. Jalin Kerjasama

 

Seperti yang sudah dikatakan bahwa coklat pralin cocok untuk dijadikan souvenir, maka dari itu jalinlah Kerjasama dengan event organizer atau wedding organizer agar produk buatan Anda bisa dijadikan bagian dari acara yang dibuat. Kemas produk sesuai dengan tema event untuk menjadikan coklat pralin buatan dan elegan sesuai event.

 

3. Sebagai Supplier

 

Cokelat juga cocok jika disandingkan dengan kopi, ada beberapa coffee shop yang membutuhkan coklat untuk dijadikan topping. Selain di coffee shop, Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan toko roti atau kue.

 

4. Penjualan Online

 

Di era modern seperti saat ini segala sesuatu dijadikan online, termasuk usaha coklat pralin rumahan milik Anda juga harus dijual secara online. Banyak sosial media yang menyediakan wadah untuk Anda berjualan seperti Instagram, facebook, sampai melalui portal jual beli lainnya.

 

Tertarik untuk membuat usaha coklat pralin? Yuk dicoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *